Tidur selama terbang bisa menjadi alternatif bagi kamu-kamu yang merasa tidak nyaman ketika berada di ketinggian. Namun bisa juga kamu merasa ngantuk selama penerbangan, terutama untuk penerbangan rute menengah hingga panjang dengan durasi diatas 2 jam. Jika kamu terbang di kelas bisnis, masalah ingin tidur selama penerbangan bukan hal yang sulit. Kursi yang memiliki jarak lebih lega dan lebih nyaman akan memudahkan kamu untuk tidur. Jika kamu terbang dengan kelas ekonomi, kursi pesawat yang tergolong pas-pasan dengan ruang kaki yang juga seadanya, ingin tidur di dalam pesawat bisa jadi persoalan yang sedikit tricky.

Meski tidur di dalam pesawat tidak bisa senyaman ketika kamu tidur di rumah, namun jika sudah terlalu lelah atau mengantuk, 5 posisi tidur di dalam pesawat ini mungkin bisa kamu coba.

1. Bersandar ke Jendela

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: http://www.flightcentre.com.au/travel-news/business-travel/the-best-ways-to-get-a-good-sleep-on-a-plane
Posisi tidur yang satu ini sempurna sekali untuk kamu-kamu yang mendapat jatah tempat duduk di dekat jendela pesawat. Kamu hanya perlu menyandarkan kepala ke jendela dan mencoba tidur selama penerbangan. Jika terbang di saat pagi hingga sore, kamu bisa mengatur cahaya mtahari dengan menarik penutup jendela. Namun pastikan untuk membuka penutup jendela ketika pesawat akan mendarat ya!

2. Pakai Meja

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3215352/The-ultimate-guide-surviving-long-haul-flight.html
Di setiap kursi pesawat dilengkapi dengan meja kecil yang bsia digunakan untuk meletakkan makanan dan minuman, maupun tidur! Yup, bagi kamu yang sudah berasa ngantuk sekali dan posisi duduk tidak berada di dekat jendela, kamu bisa menjadikan meja kecil yang ada kursi pesawat sebagai tempat untuk menyandarkan kepala dan mencoba tidur selama penerbangan. Pastikan seatbelt terpasang ya!

3. Bersandar ke Penumpang di Sebelah

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: http://www.telegraph.co.uk/travel/travel-truths/Whats-the-best-way-to-sleep-on-a-plane/
Posisi tidur yang satu ini hanya bisa dilakukan ketika kamu terbang bersama teman atau keluarga yang duduknya bersebelahan. Kamu bisa menyandarkan kepala ke pundak teman maupun anggota kelaurga yang duduk di samping jika sudah sangat mengantuk. Tapi pastikan jangan lakukan ini pada penumpang yang baru kamu kenal atau tidak kenal sama sekali lho! Hal ini tentu bisa mengganggu kenyamanan mereka selama penerbangan.

4. Menegakkan Kepala

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: http://www.scmp.com/lifestyle/travel-leisure/article/1997730/six-travel-pillows-help-you-sleep-long-haul-journeys
Posisi tidur di dalam pesawat ini adalah yang paling klasik dan paling sering dilakukan penumpang pesawat ketika merasa ngantuk saat terbang. Kamu cukup menegakkan posisi duduk dan meluruskan posisi kepala. Agar lebih nyaman bawa juga bantal leher dari rumah untuk menyangga leher agar tidak terasa nyeri saat bangun atau saat landing nantinya.

5. Menurunkan Sandaran Kursi

Posisi Tidur di Dalam Pesawat
Sumber: https://kokoon.io/feel-good-sleep-plane/
Opsi yang ini merupakan salah satu pilihan paling mudah untuk memposisikan tubuh menjadi lebih sedikit rileks saat mencoba tidur selama penerbangan. Namun, menurunkan sandaran kursi hanya bisa dilakukan ketika pesawat sudah stabil dan harus kembali dinaikkan saat pesawat akan mendarat. Selain itu perhatikan juga penumpang yang ada di belakang kursi kamu karena berpotensi mengganggu kenyamanan penumpang tersebut. Hal ini karena saat kamu menurunkan posisi kursi, otomatis space ruang kaki penumpag di belakang kamu menjadi lebih sedikit dan bisa saja membuatnya marah.

Kelima posisi tidur ini tidak menjamin tidur yang nyaman karena bagaimana pun tidur di dalam pesawat tidak akan terasa senyaman ketika tidur di tempat tidur empuk, kecuali kamu naik kelas bisnis atau first class. Namun, tidur saat terbang bisa sangat membantu bagi kamu yang fobia terbang dan ruang sempit, membantu mengistirahatkan tubuh saat penerbangan panjang dan membuat penerbangan panjang tidak terasa. Sudah siap terbang ke tujuan impian? Beli tiket pesawatnya di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!