Daerah Yogyakarta dikenal memiliki banyak pantai-pantai cantik yang menjadi tujuan wisata popular di Yogyakarta. Jika kamu akan liburan ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Bantul ya!

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore
cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Letak kota Bantul yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat kota ini memiliki banyak pantai indah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut ini ada 5 pantai terindah di Bantul yang wajib kamu ketahui dan jangan lupa juga untuk dikunjungi ya!

1. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis adalah salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta yang lokasinya berada di Bantul. Pantai ini memiliki karakteristik khas pantai selatan yang memiliki ombak besar, sehingga pengunjung tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Baca Juga :

Meski demikian, ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini, seperti berburu sunrise dan juga sunset yang menakjubkan, naik ATV, bendi hingga menunggang kuda sambil menyusuri pinggiran pantai ini, bermain laying-layang dan banyak lagi lainnya. Meski pantai ini sering dikaitkan dengan kisah Nyi Roro Kidul, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

2. Pantai Parangkusumo

A post shared by Bayu Wibowo (@bayuwwibowo) on


Pantai indah berikutnya adalah Pantai Parangkusumo yang lokasinya tepat di samping Pantai Parangtritis. Pemandangan yang ditawarkan pantai ini sangat indah dengan gulungan ombak yang besar dan air laut yang terlihat biru.

Baca Juga:  30 Destinasi Wisata Indonesia Rasa Luar Negeri yang Hits Abis - Part II
pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Di kawasan pantai ini juga sering diadakan berbagai acara unik khas Bantul yang semakin menambah keunikan pantai ini.

3. Pantai Depok


Berlokasi di samping Pantai Parangkusumo, kamu bisa menemukan pantai terindah di Bantul lainnya yaitu Pantai Depok yang tak hanya memiliki pemandangan yang cantik tetapi juga wisata kulinernya. Di kawasan pantai ini terdapat pasar ikan segar yang selalu menyediakan sea food fresh dari tangkapan para nelayan sekitar.

Kamu bisa beli berbagai jenis ikan dan makanan laut lainnya di pasar ini untuk kemudian dibakar atau dimasak sesuai selera. Warung-warung yang posisinya menghadap laut lepas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

4. Pantai Pelangi

A post shared by Yossie Giodita (@potatoxcheese) on


Satu lagi pantai cantik yang berada di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Pelangi. Terletak di dusun Mancingan, pantai ini memiliki pasir berwarna kehitaman dengan ombak yang cukup besar juga.

Selain bermain air dan menikmati pemandangan indah di sekitar pantai ini, kamu juga bisa mengikuti kegiatan pelepasan anak penyu (tukik) ke laut yang rutin diadakan komunitas relawan penyelamat penyu lho!

5. Pantai Goa Cemara


Pantai Goa Cemara yang terletak di Dusun Gadingsari, Srandakan, Bantul ini bisa dibilang pantai yang unik karena di sekitar pantai ini banyak sekali ditumbuhi pohon cemara. Pohon-pohon cemara ini sengaja ditanam masyarakat sekitar untuk menahan tiupan angin laut yang membuat petani kesulitan bercocok tanam.

Baca Juga:  Butuh Liburan di Long Weekend? Yuk Ke 3 Destinasi Wisata Instagramable dan Kekinian Ini!

Namun kini jejeran pohon cemara di sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik pantai ini. Selain itu, ada juga mercusuar setinggi 40 meter yang boleh dinaiki pengunjung pantai dengan biaya Rp 5.000 per orang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba naik ATV untuk mengelilingi hutan cemara di sekitar pantai ini.

So, untuk kamu yang akan liburan ke Yogyakarta jangan lupa mengunjungi pantai – pantai terindah di Bantul yang disebutkan di atas ya! Dijamin liburan akan semakin asyik karena pantai-pantai di bagian barat Yogyakarta (termasuk Bantul) memiliki karakteristik ombak besar dan juga pasir kehitaman yang jarang ditemukan di pantai lain di Indonesia.

Beli tiket pesawatmu ke Yogyakarta sekarang juga di Pergi.com dan nikmati liburan asyik di pantai-pantai cantik yang ada di Bantul. Pergi yuk!

Tiket Murah ke Yogyakarta

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil