Bulan puasa sebentar lagi. Bagi kamu yang doyan jalan-jalan, jangan sampai bulan Ramadhan membuat kamu mager ya! Meski banyak orang yang memang ingin fokus beribadah di bulan Ramadhan, namun kamu bisa lho merencanakan wisata religi di bulan Ramadhan nanti! Ada banyak negara asyik yang bisa kamu kunjungi yang tak hanya memiliki banyak destinasi religius, tetapi juga menawarkan kemudahan berupa bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia! Jadi kamu hanya perlu menyiapkan tiket pesawat ke negara tujuan, paspor dan itinerary. Berikut ini ada 5 negara bebas visa di Asia yang bisa jadi tujuan wisata religi kamu nantinya.

1. Singapura

masjid-sultan
Masjid Sultan – Sumber: Instagram @ margaretadler
Singapura menjadi negara favorit ketika liburan ke luar negeri. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Indonesia plus predikatnya sebagai negara ramah bagi wisatawan muslim membuat negara mungil ini bisa jadi tujuan wisata religi kamu. Meski tidak terlalu kentara seperti di Indoneisa, namun suasana Ramadhan di negara singa ini akan sangat terasa di kawasan Masjid Sultan yang merupakan masjid terbesar di Singapura. Setiap Ramadhan selalu diadakan Ramadhan Bazaar Masjid Sultan yang menjual berbagai makanan untuk berbuka. Makanan yang dijual berasal dari berbagai daerah di dunia, jadi kamu bisa awisata kuliner sepuasnya setelah jam berbuka. Selain itu, ada juga Masjid Al-Falah yang ada di Orchard yang bisa jadi tujuan ibadah saat kamu mengelilingi daerah Orchard. Wisatawan Indonesia mendapat fasilitas bebas visa selama 30 hari.

2. Malaysia

masjid-jamek
Masjid Jamek – Sumber: Instagram @ rizqrizz
Negara favorit lainnya adalah Malaysia yang juga menggratiskan visa bagi wisatawan asal Indonesia. Karena Malaysia termasuk salah satu negara muslim sehingga suasana saat Ramadhan akan terasa. Selain wisata kuliner di malam hari, kamu bisa mengunjungi masjid-masjid yang ada di negara ini. Di Kuala Lumpur saja misalnya, ada banyak masjid ikonik yang bisa kamu kunjungi, seperti Masjid Negara dan Masjid Jamek yang merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur.

3. Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – Sumber: Instagram @ loviiisalundh
Tergabung dalam ASEAN, Brunei Darussalam juga memiliki kebijakan bebas visa selama 14 hari bagi wisatawan asal Indonesia. Brunei merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim sehingga suasana selama Ramadhan akan sangat terasa. Ada banyak masjid cantik yang bsia kamu kunjungi di negara ini. Misalnya Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan yang merupakan salah satu masjid terindah di dunia! Kamu bisa beribadah sampai foto-foto hingga puas di masjid cantik ini.

4. Hong Kong

Masjid Jamia
Masjid Jamia -Sumber: Instagram @ frozenshade13
Hong Kong memberikan fasilitas bebas visa selama 30 hari bagi wisatawan asal Indonesia. Hong Kong juga termasuk negara yang ramah terhadap wisatawan muslim, jadi kamu bisa dengan santai mengunjungi negara ini saat Raamadhan tanpa takut kesulitan beribadah di masjid atau mencari kuliner halal untuk sahur maupun berbuka. Ada Masjid Jamia yang berada di kawasan Central Hong Kong yang dekat dengan stasiun sehingga mudah ditemukan. Ada juga Masjid Ammar dekat stasiun Causeway Bay dan Masjid Kowloon yang dekat dengan stasiun Tsim Sha Tsui.

5. Taiwan

Masjid Agung Taipei
Masjid Agung Taipei – Sumber: Instagram @ james4091
Taiwan menjadi salah satu negara terbaru yang memberikan kebijakan bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia. Kamu yang berencana wisata religi ke Taiwan bisa mengisi lembar registrasi dan mengajukan bebas visa. Taiwan pun terus bersolek untuk lebih ramah terhadap wisatawan muslim dengan menambah fasilitas ibadah serta sertifikasi halal untuk restoran di berbagai tempat populer di Taiwan. Di Taipei yang menjadi ibukota negara ini terdapat Masjid Agung Taipei yang merupakan masjid terbesar di Taiwan. Selain itu ada juga masjid lain yaitu Masjid Kaohsiung, Masjid Longgang, Masjid Taichung, Masjid Tainan, dan Masjid Budaya Taipei.

Sudah ada gambaran mau wisata religi kemana saat Ramadhan nanti? Yuk segera beli tiket pesawatnya di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 untuk tiket pesawat kemana saja di Pergi.com. Booking juga hotel kamu di Pergi.com dan dapatkan diskon 10% untuk semua hotel. Pergi yuk!