Selain momen take off yang sering buat para penumpang pesawat merasa deg-degan, momen ketika pesawat akan landing pun memiliki sensasi menegangkan karena pesawat belum dinyatakan benar-benar aman sebelum berhenti sempurna di parkir bandara. Landasan pacu di bandara biasanya dibangun sesuai standar internasional. Namun dikarenakan banyak hal, terutama letak geografis dan terbatasnya lahan, terkadang ada bandara yang memiliki landasan pacu ekstrim yang bisa buat kamu merasa was-was ketika pesawat akan landing. Nah, di dunia juga banyak lho landasan pacu ekstrim yang wow sekali! Berikut ini ada 5 landasan pacu bandara terekstrem di dunia yang harus kamu ketahui.

1. Sea Ice Runway, Antartika

sea-ice-runway
Sumber: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3341332/Boeing-757-lands-blue-ice-runway-Antarctica-time.html
Dilihat dari fotonya saja sudah ketahuan kalau bandara yang berada di benua Antartika, kutub selatan ini memiliki runway super ekstrim yang bisa buat geleng-geleng kepala. Runway di bandara ini panjangnya 10.000 kaki dan tidak memiliki garis penanda bagi pilot yang akan mendaratkan pesawat. Meskipun landasan pacu bandara ini 100% terbuat dari es, tapi landasan pacu ini mampu didarati pesawat berat dari US Air Force hingga pesawat komersial buatan Airbus. Namun jika suhu udara naik dan es mencair, maka pesawat tidak bisa mendarat di bandara ini.

2. Bandara Couchevel, Pegunungan Alpen, Perancis

bandara-couchevel
Sumber: http://www.gizmodo.com.au/2013/02/23-terrifying-runways-that-will-stoke-your-fear-of-flying/
Bandara ini merupakan akses menuju lokasi resort ski terkenal di Perancis, yaitu Three Valleys. Wisatawan yang ingin bermain ski di Pegunungan Alpen bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Couchevel yang diklaim memiliki runway ekstrim yang dijamin buat kamu super nervous ketika harus mendarat disana. Landasan pacu bandara ini adalah jurang setinggi 2.000 kaki dengan Pegunungan Alpen mengepung di segala sisi. Belum lagi tingkat kemiringan landasan pacu yang mencapai 18,5%! Saat cuaca sedang berkabut, tidak ada pesawat yang bisa mendarat karena runway yang tidak kelihatan dan berbahaya.

3. Bandara Internasional Princess Juliana, Kepulauan Karibia

bandara-internasional-princess-juliana
Sumber: http://berbagitips.co/pendaratan-ekstrem-di-bandara-princess-juliana/
Bandara ini memiliki landasan runway yang dekat sekali dengan bibir Pantai Macho. Jadi, ketika ada ada pesawat akan mendarat, jarak antara pesawat dengan bibir pantai yang dipenuhi wisatawan itu sangat dekat! Begitu juga saat pesawat sedang take off, jarak antara badan pesawat kira-kira hanya 10 – 20 meter saja dan suara berisik mesin pesawat benar-benar memekakkan telinga. Pemandangan ekstrem ini justru menjadi salah satu daya tarik pantai di Kepulauan Karibia ini. Banyak wisatawan yang berfoto disaat momen pesawat landing maupun take off.

4. Bandara Tenzing-Hilarry di Himalaya, Nepal

bandara-tenzing-hilarry
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_VytY2xUpb4
Bandara yang dinamai dari nama pendaki dan guidenya yang berhasil mendaki puncak Gunung Everest di tahun 1953, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Bandara ini ditetapkan sebagai salah satu bandara dengan landasan pacu tergila di dunia karena bandara ini berada di ketinggian lebih dari 2.800 meter dari permukaan laut dengan Pegunungan Himalaya di sekitarnya. Belum lagi landasan pacu yang pendek dan jurang sedalam 1.000 kaki yang menanti di ujungnya. Pilot yang akan mendarat di bandara ini harus menghindari banyak bukit terjal dan harus berhadapan dengan angin kencang dari pegunungan. Namun bandara ini selalu ramai oleh orang-orang yang ingin mendaki Everest.

5. Bandara Gibraltar, Gibraltar

bandara-gibraltar
Sumber: https://www.reddit.com/r/pics/comments/q418s/you_dont_run_red_lights_at_gibraltar_airport/
Landasan pacu bandara yang berada di Semenanjung Iberia ini menakutkan bagi worang yang di darat maupun penumpang yang ada di dalam pesawat. Bagaimana tidak, dua kilometer dari keseluruhan panjang landasan pacu bandara ini memotong jalan raya di daerah Winston Churcil Avenue! Jika di Indonesia mobil harus berhenti saat ada kereta api lewat, namun di sekitar bandara ini pengemudi mobil harus berhenti ketika ada pesawat yang take off maupun landing. Seru ya!

Umumnya, landasan pacu bandara di Indonesia sudah memenuhi standar panjang runway sesuai peraturan penerbangan dunia. Namun Indonesia juga punya lho bandara dengan landasan pacu ekstrim yaitu Bandara Adisutjipto di Yogyakarta. Hal ini kadang menyebabkan kecelakaan, seperti pesawat Garuda Indonesia yang baru-baru ini tergelincir di Bandara Adisutjipto. Namun tak perlu takut karena umumnya bandara di dunia memiliki landasan yang aman untuk didarati, pilot yang berpengalaman serta ground control yang mengatur perjalanan udara. Pesan tiket pesawat murah menuju destinasi impian mu sekarang juga di Pergi.com dan rasakan sensasi take off dan landing di berbagai bandara di Indonesia dan dunia. Pergi yuk!