Tak terasa bulan Ramadhan akan segera berakhir. Ini artinya banyak orang yang akan mudik ke kampung halaman masing – masing. Hampir semua jenis transportasi digunakan untuk mudik. Mulai dari kereta api, pesawat, kapal laut hingga jalur darat menggunakan bus, mobil pribadi maupun sepeda motor. Untuk jalur darat, jalan tol menjadi favorit para pemudik karena biasanya lebih cepat tiba di daerah tujuan. Lupakan soal kemacetan yang membayangi setiap kali arus mudik, 5 jalan tol trans Jawa yang dibuka untuk jalur mudik 2017 ini tak hanya mempermudah masyarakat untuk tiba di tujuan, tetapi juga menyuguhkan pemandangan indah yang dijamin buat perjalanan semakin menyenangkan.

1. Jalan Tol Cikopo – Palimanan

tol-cipali
Sumber: Instagram @ donoharyo
Jalan tol Cikopo – Palimanan yang lebih populer dikenal dengan nama tol Cipali ini bisa ditemukan pemudik yang berangkat dari Jakarta atau sekitarnya dengan masuk ke jalan tol Jakarta – Cikampek lalu masuk ke tol Cipali. Jika di jalan tol Cikampek kamu akan melihat pemandangan pembangunan berbagai infrastruktur, seperti LRT, kereta cepat dan juga pembangunan tol Jakarta – Cikampek elevated, namun saat akan keluar dari tol Cipali kamu akan disuguhkan dengan cantiknya pemandangan ladang dan persawahan dengan latar pegunungan.

2. Jalan Tol Cipularang

tol-cipularang
Sumber: Instagram @ gietarahayu
Jalan tol yang membentang dari Cikampek – Purwakarta hingga Padalarang ini juga memiliki pemandangan cantik yang akan menemani perjalanan mudik kamu. Hijaunya hutan dan perbukitan hijau di sepanjang jalan tol tak hanya menyegarkan mata tetapi juga bisa membantu mengurangi rasa bosan selama perjalanan mudik karena ada banyak yang bisa dilihat dari kaca mobil.

3. Jalan Tol Semarang – Solo

jalan-tol-semarang
Sumber: Instagram @ eateats__
Jalan tol yang menghubungkan Kota Semarang dengan Solo ini memiliki pemandangan cantik yang memanjakan mata. Jika kamu melintas di ruas tol ini saat cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan banyak panorama alam menarik yang akan buat perjalanan panjang mudik terasa lebih menyenangkan. Di sepanjang jalur tol ini kamu bisa melihat bukit dan pegunungan yang membentang indah dari kejauhan, diantaranya adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan juga Gunung Ungaran. Di jalan tol ini juga terdapat jembatan tol terpanjang di Indonesia.

4. Jalan Tol Bawen – Salatiga

jalan-tol-bawen
Sumber: Instagram @ antikardani
Jalan tol yang satu ini akhir-akhir ini viral karena menyuguhkan pemandangan megah Gunung Merbabu sebagai latar belakang gerbang masuk tol ini. Keindahannya bahkan membuat banyak traveller mengabadikan foto di depan gerbang masuk tol ini. Tol Bawen – Salatiga akan dioperasikan H-10 lebaran dan tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk musim mudik tahun ini. Dari gambar-gambar yang dirilis Kementerian PUPR, tol Salatiga memiliki pemandangan juara! Mulai dari bukit-bukit hijau, hamparan perkebunan, sungai dan juga Gunung Merbabu. Ada juga jembatan tol sepanjang 370 meter dengan pemandangan cantik yang tak boleh dilewatkan.

5. Jalan Tol Pantura – Rembang

tol-rembang
Sumber: Instagram @ iamlazuwarirchami
Jalan tol yang satu ini juga memiliki pemandangan cantik yang tak kalah dari tol lainnya. Di ruas jalan tol ini kamu bisa melihat keindahan pantai dan laut Jawa yang begitu mempesona. Dari kejauhan kamu bisa melihat kapal-kapal nelayan yang berlayar maupun bersandar ke pantai. Hembusan angin laut yang segar saat melintas di tol ini juga juara banget lho!

Jika nanti kamu mudik akan melewati satu atau beberapa ruas jalan tol diatas, jangan lupa untuk menikmati pemandangan yang ada ya! Namun, untuk keselamatan bersama apalagi saat mudik jalan tol pasti akan ramai, maka tidak dibenarkan berhenti di pinggir jalan tol hanya untuk berfoto. Cukup menikmati pemandangan dari dalam mobil saja san jangan lupa untuk selalu fokus saat mengemudi agar terhindar dari berbagai hal buruk selama perjalanan mudik. Pergi mudik yuk!