Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari yang wisata alam, budaya, kuliner hingga wisata unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Jika kamu sudah mengunjungi banyak tempat wisata di Indonesia, sudah pernah main ke Banjarmasin belum?

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore
cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Di kota yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini, ada banyak destinasi wisata unik yang cuma bisa kamu jumpai di kota ini. Penasaran? Berikut ada 5 destinasi wisata unik yang cuma bisa kamu jumpai di kota yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

1. Pasar Terapung Muara Kuin

A post shared by nunung_arians (@nunung_arians) on


Tak perlu liburan terlalu jauh hingga ke Thailand hanya untuk merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung! Di Kota Banjarmasin, kamu bisa menemukan Pasar Terapung Muara Kuin yang diperkirakan sudah berusia 400 tahun. Barang-barang yang dijual di pasar terapung ini umumnya adalah bahan kebutuhan pokok seperti sayur, buah, pakaian dan jajanan khas Banjarmasin.

Disini kamu bisa merasakan bagaimana membeli barang di pasar terapung, melihat aktivitas masyarakat dan tentunya ada banyak spot menarik untuk foto-foto. Kamu bisa naik kapal kayu yang disebut kapal kelotok untuk menyusuri pasar ini. Dan pastikan kamu sudah harus berada di sekitar Sungai Kuin saat subuh karena pasar ini buka mulai pukul 4 hingga 7 pagi saja.

2. Pasar Terapung Lok Baintan


Tak begitu berbeda dengan pasar terapung Muara Kuin,di pasar terapung Lok Baintan kamu juga bisa merasakan pengalaman berbelanja di atas kapal. Barang-barang yang dijual di pasar terapung ini juga tak begitu berbeda dengan pasar terapung Muara Kuin, namun yang uniknya disini kamu masih bisa menemukan sistem barter!

Baca Juga:  Chinatown Bandung; Alternatif Liburan Weekend Seru yang Instagramable

Baca Juga :

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Pasar terapung ini buka pukul 5 hingga 9 pagi, so kamu harus ready dari subuh untuk menikmati aktivitas warga di pasar ini ya.

3. Pulau Kembang


Ingin mengunjungi wisata alam yang anti mainstream? Pulau Kembang yang terletak di tengah Sungai Barito bisa jadi pilihan kamu. Dengan biaya masuk cuma Rp 5.000 per orang, kamu bisa menikmati keindahan Pulau Kembang yang masih alami.

Di pulau ini kamu juga bisa menemukan monyet yang bebas berkeliaran dan juga beberapa jenis burung asli dari Kalimantan. Selain itu, di pulau ini juga terdapat kuil yang memiliki arca monyet putih atau Hanoman. Warga Tionghoa sering meletakkan sesajen di kuil ini.

4. Penambangan Berlian

penambangan berlian
Sumber: http://kidnesia.com/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Kalimantan-Selatan/Hasil-Tambang/Intan-Permata-Martapura
Cuma di Banjarmasin kamu bisa berwisata ke daerah yang menjadi salah satu pusat penambangan berlian secara tradisional. Kamu bisa mengunjungi daerah Martapura Cempaka untuk melihat penduduk disana menambang berlian dari dekat.

Berlian yang ditambang oleh penduduk di daerah ini kemudian akan dibersihkan dan digosok hingga menjadi berlian di pusat Kota Martapura yang merupakan daerah penghasil berlian terbesar di Indonesia.

5. Pasar Intan Martapura

A post shared by Wisata KalSel (@wisata.kalsel) on


Selain melihat proses penambangan berlian secara langsung, kamu juga bisa membeli berbagai souvenir yang terbuat dari permata di Pasar Intan Martapura. Di pasar ini terdapat puluhan toko yang menjual berbagai permata, mulai dari yang masih berbentuk bongkahan hingga yang sudah menjadi perhiasan cantik.

Baca Juga:  Libur Akhir Tahun ke Kepulauan Seribu? Birdwatching di Pulau Rambut Yuk!

Pasar ini memiliki empat blok sehingga kamu bisa puas melihat berbagai jenis perhiasan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Yuk jalan-jalan ke Banjarmasin! Pesan tiket pesawatmu ke Banjarmasin sekarang juga di Pergi.com! Ada banyak diskon menarik yang bisa buat tiket pesawat kamu lebih murah lagi. Pergi yuk!

Tiket Pesawat ke Banjarmasin

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil