Menghabiskan waktu liburan bersama teman tentu sangat menyenangkan. Selain bisa semakin akrab, akan ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan bersama teman ketika liburan. Daripada mengunjungi wisata yang dekat dari tempat tinggal, main ke Gorontalo yuk! Kota yang ada di Pulau Sulawesi ini menyimpan banyak destinasi hits yang bisa kamu eksplor bersama teman. Mulai dari pulau-pulau cantik hingga air terjun menawan di tengah hutan! Sebagai referensi, berikut Pergi.com bagikan 5 destinasi wisata hits Gorontalo yang bisa jadi tujuan liburan seru kamu bersama teman.

1. Pulau Diyonumo

pulau-diyonumo
Sumber: Instagram @ aldiinaku_
Pulau yang berada di Gorontalo Utara ini atau tepatnya di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata sedang hits di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara lho! Pulau cantik yang masih perawan ini menawarkan keindahan pemandangan yang dijamin buat kamu dan teman-teman malas pulang! Untuk sampai ke pulau ini, kamu bisa menyeberang menggunakan ketinting atau perahu motor tradisional selama 10 menit dari Desa Deme II. Tak perlu khawatir, ada banyak masyarakat setempat yang menyediakan penyewaan ketinting untuk emnyeberang ke Pulau Diyonumo. Sesampainya di pulau ini, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih dan pantai yang sangat bersih. Belum lagi batu-batu karang yang menghiasai pantai, cocok buat kamu yang suka snorkeling maupun diving. Sudah sampai ke pulau ini jangan lupa untuk mendaki bukit yang ada di pulau ini ya! Dari atas ini kamu bisa berfoto dengan view Pulau Diyonumo yang killer abis! Karena pulau ini masih tergolong perawan, belum ada fasilitas lengkap bagi wisatawan. Jadi, jangan lupa bawa peralatan sendiri ya! Entah itu alat snorkeling, bekal makanan minuman dan tenda jika ingin camping.

2. Pulau Saronde

pulau-saronde
Sumber: Instagram @ iqbal_hood
Ingin berpetualang di pulau kecil yang punya pemandangan yang super cantik? Ke Pulau Saronde yang ada di dekat Teluk Kwandang, Gorontalo Utara saja! Pulau ini berukuran tidak terlalu besar, namun memiliki banyak sekali hal menarik yang bisa dieksplor bersama teman-teman. Mulai dari pantainya yang cantik berpasir putih dan air laut jernih dengan gradasi warna biru. Kamu juga bisa mengunjungi perkampungan masyarakat yang mendiami pulau kecil ini. Lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat Kota Gorontalo akan memudahkan kamu jika ingin mengunjungi pulau ini. Kamu bisa berenang sampai puas di pantai pulau ini, snorkeling, diving hingga surfing. Jika ingin bermalam, ada penginapan yang bisa kamu sewa di pulau ini, namun biar lebih seru bawa saja tenda dan camping di pinggir pantai sambil seru-seruan bersama teman-teman! Untuk menuju pulau ini, kamu harus ke Kota Kwandang terlebih dahulu atau sekitar 50 km dari Kota Gorontalo. Dari Pelabuhan Kwandang nanti kamu akan menyeberang menuju Pulau Saronde dengan kapal motor selama kurang lebih 45 menit. Kamu tidak akan dikutip uang masuk ketika sampai di pulau ini, jadi bisa langsung nyebur atau foto-foto sampai capek di pulau ini. Yakin gak mau kesini?

3. Pulau Lampu

pulau-lampu
Sumber: Instagram @melissaliwang
Dinamakan Pulau lampu karena di pulau ini ada mercusuar yang berdiri tegak dan mengeluarkan lampu kelip di malam hari. Selain namanya yang unik, pulau ini juga cantik sekali lho! Pantainya berpasir putih dengan air laut yang super jernih dan transparan. Belum lagi gradasi warna air lautnya yang terlihat begitu memikat. Disini, kamu dan teman-teman bisa sepuasnya berenang sampai capek. Bisa juga snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau lampu yang menawan. Kamu bisa membawa peralatan snorkeling sendiri atau menyewa dari operator yang ada di pulau ini. Selain itu, kamu juga bisa memancing atau pun mencoba naik jet ski menyusuri laut lepas Pantai lampu yang cantik sekali. Lokasi pulau ini dekat sekali lho dari Pulau Saronde. Jadi bagi kamu yang main ke Pulau Saronde jangan tidak mampir ke Pulau Lampu ya! Kamu cuma harus menyeberang lagi selama 45 menit ke Pulau Lampu kok!

4. Air Terjun Taludaa Permai

air-terjun-taludaa
Sumber: Instagram @ tarrsius
Berada di Desa Taludaa, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, air terjun cantik ini bisa jadi opsi liburan seru bersama teman di Gorontalo. Lokasinya yang berada di tengah hutan mengharuskan kamu untuk melakukan perjalanan cukup jauh masuk ke dalam huta, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari Desa Taludaa. Namun, selama perjalanan masuk hutan kamu akan ditemani dengan pemandangan hutan hujan yang adem banget! Sudah tersedia jalan setapak yang bsia kamu ikuti agar sampai ke air terjun Taludaa Permain ini. Dengan ketinggian 40 meter dengan dinding – dinding batu yang megah di sekelilingnya air terjun ini tak hanya seru dijadikan latar berfoto tapi juga untuk ngadem dan berenang sampai puas. Akses menuju Desa Taludaa dari Kota Gorontalo pun sangat mudah. Kamu bisa menyusuri jalur Trans Sulawesi yang membentang di sepanjang pantai selatan. Jadi selama perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan keindahan laut Gorontalo yang cantik sekali.

5. Taman Laut Olele

taman-laut-olele
Sumber: Instagram@ sutrionokarni
Ingin menjajal kemampuan snorkeling maupun diving? Mampir ke Taman Laut Olele ya! Taman laut yang super kece di Gorontalo ini merupakan salah satu spot favorit untuk diving dan snorkeling. Ada banyak spot diving yang bisa kamu jajal. Salah satunya yang paling happening adalah spot diving Goa Jin yang mengharuskan kamu melewati gua karang terlebih dahulu. Setelah masuk agak jauh, kamu akan menemukan du akarang besar berbentuk tiang yang lumayan gelap. Meski gelap, namun goa ini aman kok bagi diver pemula! Di kedalaman 30 meter dari mulut goa kamu akan menemukan keindahan bawah laut yang cantik banget! Mulai dari sponge berukuran besar, berbagai ikan laut yang unik dan langka seperti black coral bush. Tenang, bagi kamu yang tidak bisa diving, ada perahu dengan dasar kaca yang bsia dinaiki lho! Jadi, dari atas perahu ini kamu bisa langsung meinkmati kendahan bawah laut Taman Laut Olele tanpa perlu basah-basahan! Lokasi Taman Laut Olele ini hanya sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo dan kamu bsia menyewa kendaraan bersama teman-teman untuk sampai ke taman laut kece ini.

Sudah tidak sabar seru-seruan bareng teman di Gorontalo? Yuk segera rencanakan liburan ke Gorontalo bersama teman-teman! Manfaatkan long weekend yang ada di 2017 ini untuk liburan seru ke Gorontalo. Pesan tiket pesawat dan hotelnya di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Kan lumayan bisa menghemat biaya liburan. Pergi yuk!