Sumber: Instagram @indonesiajalan2

Bagi kamu yang suka liburan ke pantai, jangan lupa untuk masukkan Pantai Ora Maluku dalam list pantai yang harus kamu kunjungi ya!

Terletak di Pulau Seram, Pantai Ora masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela yang berada di dua desa, yaitu Desa Sawai dan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai Ora memiliki keindahan yang tak kalah cantiknya dari Maldives lho! Surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih nan biru.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Kekayaan biota laut di perairan di sekitar Pantai Ora juga masih terjaga dengan baik, jadi kamu bisa melihat berbagai jenis terumbu karang cantik dan ikan-ikan yang berenang bebas di sekitarnya. Pemandangan di sekitar Pantai Ora juga sangat cantik. Dijamin kamu bakalan lupa waktu kalau sudah liburan ke pantai ini!

Baca Juga :

Jika kamu belum pernah liburan ke Pantai Ora Maluku, sekarang saat yang tepat untuk mulai merencanakan liburan di pantai cantik ini. Berikut ada 4 tips menjelajahi Pantai Ora Maluku yang harus kamu ketahui.

1. Beli Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari


Terletak di Pulau Seram, ada beberapa rute alternatif yang bisa kamu pilih. Namun, sebelumnya kamu harus beli tiket pesawat ke Ambon terlebih dahulu. Agar liburan kamu bisa lebih hemat, booking tiket pesawat sejak jauh hari. Selain itu, manfaatkan juga promo diskon yang ditawarkan berbagai agen travel online. Di Pergi.com misalnya. Selalu ada promo diskon menarik di setiap bulan yang bisa kamu manfaatkan untuk buat harga tiket pesawat lebih murah.

2. Ketahui rute yang akan diambil

A post shared by Kakaban Trip (@kakabantrip) on

Pantai Ora bisa dicapai melalui dua rute alternatif dan pilihan alat transportasi yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan budget liburan. Rute yang bisa dipilih yaitu:

  • Jika kamu pergi sendirian atau berdua dengan pasangan, opsi terbaik adalah memilih jalur laut. Setelah mendarat di Bandara Pattimura, Ambon, kamu bisa melanjutkan perjalanan naik taksi menuju Pelabuhan Tulehu. Dari pelabuhan ini, kamu harus naik kapal lagi selama 2 jam untuk tiba di pelabuhan Amahai dengan ongkos sekitar Rp 150.000 per orang. Dari Pelabuhan Amahai, kamu masih harus naik angkutan umum lagi menuju Desa Sawai selama 2 jam. Setelah itu, dari Desa Sawai masih harus menyeberang lagi menuju pantai ini dengan kapal motor selama 10 menit.
  • Jika kamu pergi bersama teman-teman, opsi terbaik adalah jalur darat dengan menyewa mobil dari Bandara Pattimura dan langsung ke Desa Sawai. Namun, rute ini memerlukan waktu tempuh yang lama, yaitu satu hari satu malam karena harus menyusuri Kabupaten Seram bagian barat dan Kabupaten Maluku Tengah. Meski lama, rute ini tidak mengharuskan kamu berganti alat transportasi lagi. Harga sewa mobil untuk rute ini tergantung negosiasi, biasanya berkisar Rp 1.000.000 per mobil.

So, sebelum berangkat, pikirkan terlebih dahulu rute mana yang akan diambil dan perkirakan biaya yang diperlukan.

3. Pilih Akomodasi yang Sesuai


Sudah jauh-jauh ke Pantai Ora rasanya sayang sekali jika tidak menginap! Ada beberapa pilihan akomodasi yang bisa kamu pilih saat liburan ke pantai ini dan bisa disesuaikan dengan budget dan juga sisi adventurous kamu!

  • Menginap di Ora Beach resort yang memiliki cottage mengambang di Pantai Ora bisa jadi pilihan jika kamu ingin tempat yang nyaman untuk bermalam sambil menikmati keindahan Pantai Ora. Namun, biaya untuk menyewa cottage di resort ini terbilang mahal dan harus dipesan jauh-jauh hari karena terbatasnya unit cottage yang tersedia.
  • Menginap di rumah penduduk setempat bisa jadi pilihan jika kamu ingin lebih hemat dan ingin merasakan sensasi bermalam di rumah penduduk asli di sekitar pantai ini.
  • Jika kamu datang ramai-ramai bersama teman, bisa juga membawa perlengkapan berkemah dan camping di daerah Sungai Belanda di sekitar pantai ini yang lokasinya dekat dengan tebing.

4. Bawa Semua Hal yang Diperlukan

A post shared by Kakaban Trip (@kakabantrip) on

Jika kamu ingin sekali snorkelling di sekitar pantai ini, ada baiknya bawa peralatan sendiri dari rumah atau menyewa di Ambon karena di sekitar pantai ini belum ada operator selam yang menyediakan peralatan diving dan snorkelling. Tapi, hati-hati saat snorkelling atau diving agar tak merusak koral hidup yang ada di pantai ini ya! Selain itu, ada baiknya juga kamu membawa bekal makanan selama liburan di pantai ini.

Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Pantai Ora Maluku yang memukau! Mulai dari airnya yang jernih dan berwarna biru, keindahan perbukitan hijau Taman Nasional Manusela, pemandangan sunrise dan sunset yang cantik dan tak lupa gugusan bintang yang terlihat jelas ketika kamu bersantai di bibir pantai ini di malam hari.

So, sudah siap liburan ke Pantai Ora Maluku? Yuk mulai cari tiket murah ke Ambon melalui Pergi.com! Pergi yuk!

Tiket Murah ke Ambon