Saat berada di bandara, biasanya kamu akan diharuskan melewati beberapa kali pemeriksaan barang. Hal ini merupakan standar keamanan penerbangan yang diterapkan di setiap negara. Alat pemindai dan juga metal detector yang digunakan petugas di bandara digunakan untuk memeriksa barang bawaan penumpang. Proses pemeriksaan ini bisa berlangsung cepat, bisa juga tidak. Hal ini tentu bisa membuang waktu, apalagi bagi kamu yang sedang buru-buru ingin check in agar tak ketinggalan penerbangan. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa melewati pemeriksaan di bandara dengan cepat dan efektif? Berikut ini ada 4 tips efektif melewati pemeriksaan di bandara yang bisa jadi referensi kamu.

1. Pilih Tempat Antrian

di-bandara
Saat akan melewati pemeriksaan di bandara, biasanya calon penumpang akan mengantri di depan alat pemindai. Biasanya, setiap bandara dilengkapi dengan jumlah metal detector yang banyak. Pilih area pemeriksaan yang tidak banyak jumlah antriannya, yang tidak banyak anak-anak hingga orang yang membawa terlalu banyak bawaan. Hal ini agar kamu tidak perlu harus mengantri lama karena orang di depan belum siap atau memiliki terlalu banyak barang yang harus diletakkan di mesin pemindai.

2. Pakai Tas Kecil

tas-traveling
Saat ke bandara, ada baiknya kamu menyimpan tiket, paspor dan dokumen penting lainnya di satu tas kecil. Simpan juga smartphone dan aksesoris di dalam tas tersebut agar tak menghambat proses pemeriksaan barang di bandara. Jangan coba-coba mengantongi smartphone saat melewati metal detector karena kamu pasti akan disuruh meletakkan smartphone di keranjang kecil yang tersedia dan melewati metal detector sekali lagi. Hal ini tentu akan membuang waktu bukan! Letakkan saja semua barang penting di tas kecil maka kamu bisa melewati metal detector dengan cepat.

3. Simpan Barang Terlarang di Bagasi

bagasi
Barang terlarang yang dimaksud adalah barang-barang yang tidak boleh dibawa ke bagasi kabin, seperti gunting, pisau, dan benda tajam lainnya. Selain itu, jangan membawa benda cair diatas berat yang diperbolehkan yaitu 100 ml. Jika mesin pemindai menemukan barang terlarang dalam tas kamu, petugas biasanya akan membongkar tas atau paling tidak menyita barang tersebut. Proses ini tentu akan menyita waktu bukan! Ada baiknya barang-barang tersebut diletakkan saja di bagasi daripada dibawa ke kabin.

4. Lepas Jaket, Jam Tangan dan Tali Pinggang

tali-pinggang
Jika kamu memakai jaket, jam tangan dan tali pinggang, ada baiknya lepaskan terlebih dahulu barang tersebut sebelum melewati metal detector. Letakkan jaket maupun jam tangan dan tali pinggang di baki sebelum melewati pemeriksaan di bandara dan kamu bisa kembali memakainya jika sudah berada di boarding room. Daripada harus diperiksa petugas dan melewati alat pemindai dua kali, lebih baik lepaskan item ini sebelum melewati pemeriksaan di bandara.

Proses pemeriksaan barang di bandara bisa memakan waktu lama, tapi ada lho cara efektif agar bisa melewati pemeriksaan ini dengan cepat!

So, agar mood liburan tidak berantakan karena proses pemeriksaan barang di bandara yang sering memakan waktu, tips diatas bisa menjadi panduan agar kamu tidak berlama-lama ketika melalui metal detector di bandara. Selamat liburan!