Liburan ke suatu tempat rasanya tak lengkap jika tak icip – icip kuliner khasnya. Termasuk jika kamu liburan ke Jakarta! Meski ada banyak mal dan restoran di Jakarta, namun lebih seru jika kamu mencicipi makanan khas Jakarta lho!

Selain kerak telor, masih banyak makanan khas Jakarta yang wajib kamu coba. Tapi masalahnya, makanan khas ini susah ditemui di mal maupun restoran, bahkan di pasar tradisional pun semakin susah dijumpai. Maklum, perkembangan zaman yang semakin dipenuhi makanan fast food dan berbagai makanan lainnya membuat makanan tradisional kehilangan penggemar. Sebagai contoh, berikut ada 4 makanan khas Jakarta yang mulai susah ditemukan.

1. Roti Gambang

A post shared by Eka si MOmmy geDE (@mod_eka) on


Roti khas Betawi ini memiliki ciri khas berwarna merah kecokelatan dengan tekstur yang mirip kue bolu. Warna merah kue ini berasal dari gula merah yang merupakan salah satu bahan utama pembuatan roti ini. Terbuat dari tepung terigu dan gula merah, roti ini enak sekali dijadikan cemilan.

Namun masalahnya semakin sulit menemukan roti khas Betawi ini karena banyak hal. Salah satunya karena banyak penduduk asli Betawi yang tak lagi tinggal di Jakarta dan banyak orang yang tidak lagi membuat dan menjual roti ini.

2. Asinan Betawi

A post shared by Desy Sagitarini (@desytariyem) on


Asinan sayur atau yang dikenal dengan nama asinan betawi menjadi makanan khas Jakarta selanjutnya yang keberadaannya semakin langka. Asinan Betawi ini penuh dengan sayuran sehat yang sudah diasinkan, seperti wortel, kol, sawi, tauge dan sebagainya. Kemudian, sayuran yang sudah diasinkan ini diberi bumbu kacang dan ditambah kerupuk di atasnya.

Perpaduan bahan-bahan ini membuat asinan betawi memiliki cita rasa yang unik karena terasa gurih dan sedikit asin. Asinan betawi biasanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Jakarta dari penjual gerobak atau warung pinggir jalan.

3. Kembang Goyang

A post shared by Yoenitaanggrainy (@yoenitaa) on


Kue kering asal Betawi ini keberadaannya semakin sulit ditemukan. Biasanya, saat Idul Fitri maupun acara hajatan baru bisa dijumpai. Pembuatan kue ini sebenarnya tidak rumit, hanya membutuhkan kesabaran karena kue dicetak menggunakan cetakan khusus yang biasanya berbentuk bunga.

Dinamakan kembang goyang karena saat akan digoreng cetakan kue ini harus digoyang-goyangkan di atas minyak panas. Rasa kue ini manis, gurih dan juga renyah, cocok untuk cemilan saat santai.

4. Sayur Babanci

A post shared by Dede Ayu (@dede_ayu13) on


Sayur babanci merupakan salah satu kuliner ikonik Betawi yang keberadaannya semakin sulit untuk ditemui di mal atau bahkan warung pinggir jalan. Salah satu hal yang menyebabkan kelangkaan ini adalah semakin sulitnya didapat rempah-rempah yang diperlukan untuk membuat sayur ini. Hanya orang Betawi asli yang mengetahui resep asli sayuran ini.

Pernah mendengar nama-nama makanan khas Jakarta diatas sebelumnya? Jakarta memang tak melulu soal mal besar, gedung bertingkat dan macet yang luar biasa, tapi ada juga makanan khas yang masih bertahan di tengah modernisasi kota meski keberadaannya juga terus tergerus kehadiran makanan dari daerah lain hingga makanan modern.

Meski demikian, jika kamu liburan ke Jakarta boleh mencicipi makanan-makanan khas di atas ya! Yuk segera rencanakan liburan kamu ke Jakarta dan masukkan agenda wisata kuliner di rencana perjalanan kamu. Pesan tiket pesawat ke Jakarta sekarang juga di Pergi.com. Pergi yuk!

Diskon Tiket Pesawat & Hotel