Sebagai salah satu transportasi umum, pesawat juga dilengkapi dengan fasilitas toilet yang bisa digunakan semua penumpang. Jika kamu termasuk orang yang sering bolak balik ke toilet, ada baiknya untuk memilih tempat duduk di bagian lorong (aisle) atau dekat dengan toilet untuk memudahkan kamu. Layaknya toilet umum di fasilitas publik lainnya, ada saja orang usil yang tidak menggunakan toilet pesawat dengan seharusnya sehingga mengganggu penumpang lain yang akan menggunakan toilet setelahnya. Yuk jadi penumpang pesawat yang baik dengan mengetahui etika menggunakan toilet pesawat agar tak sampai mengganggu penumpang lain berikut ini.

1. Ke Toilet Pada Saat yang Tepat

Toilet Pesawat
Jika ingin menggunakan toilet pesawat juga ada aturannya, yaitu hanya diperbolehkan ketika pesawat sudah dalam kondisi ketinggian stabil dan tanda lepas sabuk pengaman sudah dimatikan. Penggunaan toilet di pesawat tidak dibenarkan saat akan take off, landing maupun saat turbulensi. Jadi jika kamu somehow ingin ke toilet, pastikan untuk melakukannya saat situasi memungkinkan ya!

2. Mengantri dengan Tertib

Toilet Pesawat
Jika ada penumpang lain yang kebetulan sedang menggunakan toilet pesawat, mengantrilah dengan sabar dan tertib. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan seperti memotong antrian atau bahkan mengetuk pintu toilet pesawat karena ingin buru-buru. Bayangkan jika kamu sedang di toilet lalu diketuk-ketuk orang dari luar tentu akan merasa terganggu dan kesal bukan?

3. Gunakan Toilet Seperlunya

Toilet Pesawat
Umumnya penumpang menggunakan toilet pesawat saat akan buang air. Hal ini tentu wajar, namun tahan diri kamu untuk tidak bolak balik ke toilet hanya untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Misalnya menyisir rambut, membenarkan make up dan sebagainya. Ingat, ada banyak penumpang lain yang ingin menggunakan toilet untuk keperluan yang lebih mendesak. Jadi, be considerate ya!

4. Tetap Menjaga Kebersihan Toilet

Toilet Pesawat
Setelah selesai menggunakan toilet, jagalah kebersihan toilet dengan menekan tombol flush maupun membuang tissue di tempat sampah yang disediakan Jangan sampai membuat toilet kotor maupun berserakan setelah digunakan. Ingat bahwa kamu pun selalu menginginkan toilet dalam keadaan bersih bukan? Jadi jangan sampai membuat penumpang lain yang akan menggunakan toilet merasa risih ya.

Karena toilet di pesawat merupakan fasilitas umum yang bisa digunakan semua penumpang, pastikan kamu menggunakannya dengan baik dan selalu menjaga kebersihannya ya. Jika kamu baru pertama kali masuk ke toilet pesawat dan masih kurang familiar dengan fasilitas di dalamnya, kamu bisa kok bertanya ke awak kabin yang akan memberi penjelasan dengan baik. Yang terpenting, jagalah sikap saat memakai fasilitas di pesawat ya. Yuk beli tiket pesawat ke destinasi impian kamu di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat super heboh yang bisa dinikmati lho! Ada juga diskon hotel bagi kamu-kamu yang ingin liburan seru tapi tetap terjangkau. Pergi yuk!