Pantai Gigi Hiu, Sumber: Instagram @algitpratama

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Berbicara soal destinasi wisata di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya karena sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali spot-spot wisata yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ibaratnya Indonesia memiliki ribuan pulau dengan jutaan destinasi. Hal ini tentu beri kamu banyak opsi untuk pilihan tempat liburan, bukan?

Pergi.com telah membahas 30 destinasi Indonesia rasa luar negeri part I dan II yang menyuguhkan 20 destinasi wisata Indonesia yang mirip dengan yang ada di luar negeri. Tak perlu paspor maupun visa, kamu cuma butuh tiket pesawat maupun transportasi lain untuk mencapai lokasi destinasi wisata tersebut.
Baca Juga :

Sebagai bagian terakhir dari seri artikel ini, berikut Pergi.com akan menghadirkan part III wisata menarik rasa luar negeri yang Indonesia punya.

21. Pantai Ora, Maluku = Maldives

A post shared by Rizalio Akbar (@rizalioakbar) on


Siapa yang tak tahu keindahan Maldives yang begitu mendunia? Pulau kecil di Samudra Hindia ini terkenal akan hotel dan resort di atas laut yang begitu cantik. Tak ketinggalan pantai-pantainya yang bersih, berpasir putih serta air lautnya yang berwarna biru. Sudah banyak juga maskapai yang membuka penerbangan ke Maldives.

Namun Indonesia juga punya ‘Maldives’ rasa dalam negeri yang tak kalah cantiknya, yaitu Pantai Ora di Maluku. Pantai ini memiliki laguna dengan pantai yang tenang dan air sebening kaca. Ada juga resort yang dibangun di atas laut yang semakin menambah keindahan pantai ini. Hijaunya perbukitan yang mengelilingi pantai ini juga keren sekali lho! Ada yang sudah pernah kesini?

22. Pantai Gigi Hiu, Lampung = Taman Nasional Zhangjiajie, Cina


Pernah nonton film Avatar? Lokasi planet Pandora di film ini terinspirasi dari Taman Nasional Zhangjiajie yang ada di Provinsi Hunan, Cina. Pemandangan taman nasional yang terdiri dari perbukitan batu pasir kuarsa yang menjulang tinggi berbentuk pilar dan tingginya berbeda-beda ini begitu cantik. Taman nasional yang masuk dalam geopark UNESCO ini jadi salah satu tujuan wisata dunia yang populer.

Baca Juga:  Menikmati Eksotisme Pantai Pasir Putih Situbondo
diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Meski bukan hutan, namun di Indonesia juga ada pantai dengan susunan batu karang yang ditumbuhi pepohonan di atasnya, yaitu Pantai Gigi Hiu atau yang oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Pantai Pegadungan. Pantai ini menawarkan panorama gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata alami di dekat bibir pantai. Di atas batu karang tersebut ada yang ditumbuhi pohon keci Meski tinggi batu karang di pantai ini tak setinggi bukit batu di Taman Nasional Zhangjiajie, namun pemandangan yang dimiliki pantai ini tak kalah cantiknya kan!

23. Pantai Pink, Lombok = Pink Sands Beach, Bahama


Di dunia ini terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna pink, dan salah satunya ada di Lombok! Pantai Pink atau yang juga dikenal dengan Pantai Tangsi merupakan tujuan wisata hits di Lombok yang harus kamu kunjungi. Main ke Taman Nasional Komodo atau trekking ke Pulau Padar belum lengkap tanpa mampir ke pantai cantik ini!

Pasir pantainya yang berwarna pink terlihat begitu indah dengan air laut jernih berwarna emerald. Jadi daripada pergi jauh hingga ke Pink Sands Beach yang ada di Harbour Island, Bahama, kamu bisa ke Pulau Komodo untuk menikmati keindahan wisata di negeri sendiri bukan?

24. Gua Jomblang, Yogyakarta = Stephens Gap, Alabama, Amerika Serikat

Jika Amerika Serikat punya Stephens Gap yang merupakan gua vertikal dengan kedalaman sekitar 43 meter ini menjadi salah satu tempat untuk menikmati sensasi turun ke dalam gua dengan disinari cahaya matahari yang masuk dari atas gua secara alami. Dan di Indonesia pun kamu bisa merasakan sensasi melihat ‘cahaya surga’ di Gua Jomblang yang ada di Yogyakarta.

Bagi kamu yang suka caving dan wisata berbau adventure yang menantang tetapi juga memiliki banyak spot foto keren, gua yang satu ini bisa dicoba. Dengan kedalaman 90 meter, kamu bisa masuk ke dalam gua dengan menggunakan gear yang disediakan dengan disinari cahaya matahari yang juga menembus masuk ke dalam gua secara alami.

Dari dasar gua ini kamu akan mendapat pemandangan yang magical karena sekumpulan cahaya dengan indahnya menembus masuk ke dalam gua yang cukup dalam ini. Selain untuk foto-foto, kamu yang suka menjelajah gua bisa mengunjungi gua vertikal ini tanpa harus menunggu tabungan cukup untuk bisa berangkat ke Amerika Serikat.

25. Raja Ampat, Papua = Koh Phi Phi, Thailand

A post shared by Dustin (@dustinriyadi) on


Ingin menjelajahi pantai-pantai cantik berpasir putih yang dikelilingi gugusan pulau batu karang yang begitu memikat? Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Koh Phi Phi yang ada di Thailand karena Indonesia punya Raja Ampat yang hits banget!

Baca Juga:  Berburu Foto Ala Winter in Bali di Kebun Bunga Kasna
Promo Pergi.com
Diskon spesial untuk Sriwijaya Grup

Wisata Raja Ampat kini menjadi salah satu pilihan tempat liburan wisatawan yang ingin menikmati keindahan yang begitu komplit. Gugusan pulau cantik yang ada di Papua ini semakin populer dikunjungi wisatawan karena keindahannya begitu menyihir. Empat pulau besar di Raja Ampat adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool yang selalu jadi tujuan favorit wisatawan. Mulai dari island hopping, snorkeling hingga diving, pesona Raja Ampat begitu menggoda. Ada yang sudah pernah kesini?

26. Pagoda Avalokitesvara, Semarang = Pagoda Cien, Sun Moon Lake, Taiwan

A post shared by ᴛᴏɴʏ (@hibernazi) on


Salah satu tempat wisata wajib dikunjungi ketika berada di Taiwan adaah Sun Moon Lake yang memiliki landmark paling populer, yaitu pagoda Cien. Pagoda setinggi 46 meter ini memiliki arsitektur yang begitu indah dan selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin naik hingga ke atas pagoda untuk menikmati pemandangan maupun membunyikan lonceng untuk berdoa.

Jika masih belum bisa mengunjungi Taiwan, kamu bisa lho main ke Semarang karena di kota ini terdapat pagoda yang mirip dengan Pagoda Cien, yaitu Pagoda Avalokitesvara yang berada di kompleks Vihara Buddhagaya. Pagoda dengan tinggi 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat ini memiliki kemiripan dengan pagoda di Sun Moon Lake dan tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang identik dengan warna merah dan kuning ini memiliki patung Dewi Kwan Im, patung Panglima We Do dan patung Amitabha. Pagoda ini keren sekali untuk dijadikan tempat berfoto lho! Tapi jangan sampai mengganggu umat yang sedang beribadah ya!

27. Gua Gong, Pacitan = Gua Duong Thien, Vietnam


Di Vietnam, kamu bisa menemukan beragam gua cantik yang jadi salah satu daya tarik wisatanya. Salah satunya adalah gua Duong Thien yang terletak di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Selain stalaktit dan stalakmitnya terlihat begitu unik dan cantik, gua ini juga diberi tambahan pencahayaan berwarna warni yang semakin menambah keindahan gua ini.

Namun bagi kamu yang belum kesampaian liburan ke Vietnam, kamu bisa main ke Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur yang tak kalah cantiknya. Gua yang terkenal sebagai gua terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki stalaktit dan stalagmit berumur ratusan tahun yang begitu indah.

Dinamakan Gua Gong karena masyarakat sering mendengar suara seperti gong yang berasal dari dalam gua. Suara ini berasal dari pantulan tetesan air alam gua yang jatuh ke stalagmit dalam gua. Di dalam gua ini juga diberi penerangan berwarna warni sehingga mirip dengan Gua Duong Thien, Vietnam. Yakin gak mau kesini?

Baca Juga:  10 Wisata Ramah Anak di Bangkok yang Asyik Untuk Liburan Keluarga

28. Hutan Bambu Keputih, Surabaya = Hutan Bambu Sagano, Jepang

A post shared by ctr9wbo (@zatura9) on


Hutan Bambu Sagano yang ada di Jepang terkenal akan keindahan sekaligus suara musik alami yang dihasilkan saat angin menerpa batang bambu yang begitu menenangkan. Hutan bambu ini menjadi salah satu wisata menarik di Arashimaya, Kyoto, Jepang yang selalu ramai pengunjung. Jalan setapak sepanjang 100 meter dihiasi pohon bambu di kanan dan kirinya ini akan menuju Kuil Tenryuji.

Namun jika kamu masih menabung untuk bisa liburan ke Jepang, yuk ‘pemanasan’ dulu ke Hutan Bambu Keputih yang ada di Surabaya! Meski pohon bambunya tidak se-rapi yang ada di Jepang, namun hutan bambu ini sangat instagramable lho! Ada banyak tempat menarik untuk berburu foto disini. Selain itu di seberang hutan ini terdapat Taman Sakura yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati keindahan bunga hias yang juga instagramable.

29. Masjid Agung Semarang = Masjid Nabawi, Madinah

Bagi kamu yang berencana pergi ke tanah suci namun masih menabung, kamu bisa lho mengunjungi Masjid Agung Semarang yang mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah! Bangunan masjid ini begitu megah dengan 6 payung hidrolik raksasa yang membuatnya mirip dengan masjid yang ada di tanah suci. Tak hanya memiliki payung hidrolik, Masjid Agung Semarang yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini memiliki arsitektur yang begitu menawan.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Menara masjid ini setinggi 99 meter dan bisa dinaiki oleh wisatawan untuk melihat keindahan masjid dan kota Semarang dari atas. Wisata ke masjid ini bisa membuat kamu serasa berada di Masjid Nabawi, terutama saat payung-payung hidrolik tersebut dibuka. Biasanya jika ada acara keagamaan dan sholat Jumat. Ada yang sudah pernah ke masjid ini

30. Kampung Warna Warni Jodipan, Malang = Gamcheon Culture Village, Busan

A post shared by KHN (@kristiawanhadi) on


Ingin ke Korea Selatan dan mengunjungi Gamcheon Culture Village di Busan yang jadi langganan tempat syuting drama, film maupun reality show populer di Korea? Well, kamu bisa main ke kampung warna warni Jodipan yang ada di Malang untuk ‘pemanasan’. Kampung wisata Jodipan merupakan satu dari banyak sekali kampung warna warni yang ada di Indonesia.

Dinding-dinding rumah warga dicat dengan berbagai warna menarik. Tak ketinggalan ada juga mural dan lukisan 3D untuk menarik perhatian wisatawan. Jika kamu melihat kampung ini dari atas Jembatan Sungai Brantas, maka kampung wisata Jodipan ini terlihat cantik dan juga instagramable.

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil