Sumber: Instagram @aqshalryan_

Karena tiket pesawat ke luar negeri semakin terjangkau, kini siapa saja bisa liburan ke luar negeri berbekal tiket murah, paspor dan juga visa. Namun, tahukah kamu jika ada banyak destinasi menarik di Indonesia yang mirip dengan destinasi di luar negeri yang bisa kamu kunjungi tanpa ribet mikirin paspor apalagi visa!

Minggu lalu Pergi.com telah membahas 30 Destinasi Indonesia Rasa Luar Negeri yang Hits Abis – Part I yang menyuguhkan 10 destinasi wisata Indonesia yang mirip dengan yang ada di luar negeri. Kali ini, Pergi.com akan menghadirkan part II yang menampilkan wisata menarik rasa luar negeri yang Indonesia punya.

11. Telaga Warna, Dieng = Danau Plitvice, Kroasia

A post shared by tamam rimba (@tamam_rimba) on


Danau Plitvice yang terletak di merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang jadi salah satu wisata andalan negeri tersebut. Danau ini dikenal memiliki pemandangan yang begitu indah karena ada 16 danau yang tampak menyatu dan air di dalam danau ini bisa berubah warna. Kondisi ini tak jauh berbeda dengan Telaga Warna yang ada di Dieng. Selain sama-sama terletak di tengah pegunungan, telaga warna di Dieng juga bisa berubah warna karena kandungan sulfur yang ada di dalamnya.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Telaga Warna merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng diantara telaga-telaga lainnya seperti Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Dringo dan Telaga Menjer. Telaga ini dikelilingi perbukitan indah yang biasa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan telaga dari ketinggian. Salah satu bukit yang populer adalah bukit ratapan angin.

12. Danau Kaolin, Beitung = Pamukkale, Turki


Mimpi bisa berendam di pemandian air panas alami bertingkat di tebing berwarna putih di Pamukkale, Turki? Kamu bisa ‘pemanasan’ dulu dengan mengunjungi Danau Kaolin yang ada di Belitung. Kedua tempat ini memiliki pemandangan yang hampir mirip, yaitu tebing dan permukaan danau yang berwarna putih dan airnya yang berwarna biru.

Baca Juga :

Jika di Turki tebing putih tersebut terbentuk dari endapan mineral kalsium karbonat yang mengendap, Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan kombinasi dari kaolin yang merupakan mineral membuat airnya menjadi warna biru cantik. Danau Kaolin kini menjadi salah satu destinasi wisata instagramable untuk patut dikunjungi ketika kamu ke Belitung.

13. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur = Cagar Alam Maasai Mara, Kenya

A post shared by Denie Pratama (@deniepratama) on


Padang savana memang identik dengan keadaan alam di benua Afrika. Namun siapa sangka jika Indonesia juga punya padang savana cantik yang tak kalah menarik dari Cagar Alam Maasai Mara yang ada di Kenya, yaitu Taman Nasional Baluran di Jawa Timur.

Taman nasional yang dijuluki Africa Van Java atau Little Africa ini memiliki padang savana yang sangat luas dengan banyak binatang liar bebas hidup di dalamnya. Sebut saja ada rusa, banteng, kerbau, ajag, macan tutul, ular, kucing bakau, monyet ekor panjang, burung merak dan banyak lainnya. Di taman nasional seluas 25 hektar ini disebut juga miniatur hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan ada di sini, yaitu hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan yang selalu hijau dan tentu saja savana.

14. Pulo Cinta, Gorontalo = Bora-Bora, Tahiti

A post shared by Keys Dunda (@keysd_photography) on


Kamu bermimpi bisa menginap di salah satu cottage atas laut di Bora-bora dan menikmati air laut yang begitu jernih dan biru? Well, tidak perlu harus jauh-jauh sampai ke Tahiti karena di Indonesia ada Pulo Cinta di Gorontalo yang tak kalah cantiknya.

Promo Pergi.com
Diskon spesial untuk Sriwijaya Grup

Pulau yang awalnya tak berpenghuni ini kini sudah dikembangkan menjadi kawasan resort yang begitu menarik. Di pulau ini kamu bisa menemukan hotel di atas laut, sama seperti yang ada di Bora-bora maupun Maldives. Selain itu keindahan laut di sekitarnya juga tak kalah menawannya. Di pulau yang berbentuk hati ini kamu bisa snorkelling dan diving sampai capek, trekking hutan di pulau yang ada di seberang Pulo Cinta Resort hingga menunggu sunrise maupun sunset yang cantik bersama pasangan. Pasti seru kan!

15. Gua Rangko, Flores = Gua Crystal, Bermuda


Jika di Bermuda ada Gua Crystal yang airnya super bening seperti kristal serta gugusan stalagmite yang begitu cantik, Flores juga punya gua yang sama dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Gua Rangko yang ada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Gua cantik ini memiliki gugusan stalaktit yang terlihat cantik berpadu dengan air di dalam gua yang biru dan jernih! Kamu bisa berenang di dalam gua yang serasa menjadi private pool ini. Meski akses menuju gua ini masih belum terlalu baik, namun sudah banyak wisatawan yang melihat langsung bagaimana indahnya gua ini. Kamu kapan?

16. Sungai Maron, Pacitan = Sungai Amazon


Sungai Amazon yang ada di Amerika Selatan dikenal sebagai paru-paru dunia dan sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai yang dikelilingi hutan hujan tropis lebat ini kerap jadi lokasi syuting film maupun acara dokumenter karena keindahan dan juga beragamnya flora dan fauna yang ada di dalamnya. Nah jika kamu bermimpi bisa menyusuri Amazon menggunakan perahu seperti di film-film coba mampir deh ke Sungai Maron yang ada di Pacitan!

Sungai hits ini merupakan repika Amazon di Indonesia karena di sepanjang sungai ini terdapat hutan yang masih asri dan rimbun. Terletak di Desa Maron, Kecamatan Donorojo, kota Pacitan, Sungai Maron kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyusuri sungai yang memiliki air bening ini menggunakan perahu. Sungai Maron ini bermuara ke Pantai Ngiroboyo yang masih jarang dieksplor. Yakin gak mau main kesini?

17. Masjid Agung An Nur, Pekanbaru = Taj Mahal, India

A post shared by Rahmad Syafaldi (@syafaldees_) on


Bagi kamu yang suka dengan film Bollywood pasti memiliki keinginan untuk mengunjungi Taj Mahal yang sering dijadikan tempat syuting kan? Nah, selagi kamu nabung untuk berangkat ke India, tahukah kamu kalau Indonesia juga punya replika Taj Mahal yang bisa dikunjungi? Tepatnya ada di Kota Pekanbaru, yaitu Masjid Agung An Nur.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Bangunan masjid ini mirip sekali dengan Taj Mahal. Ada sebuah kubah besar beserta empat kubah kecil di setiap sudutnya. Selain itu, di bagian depan masjid ini juga terdapat kolam yang mirip dengan kolam yang ada di Taj Mahal. Masjid termegah di Riau ini jadi salah satu destinasi wisata hits di Pekanbaru.

18. Pantai Semeti, Lombok = Giant`s Causeway, Irlandia Utara

A post shared by Kukuh Riksamba (@bambukering) on


Jika kamu ingin melihat pantai dengan susunan bebatuan unik dan instagramable, di Irlandia Utara ada namanya Giant’s Causeway yang merupakan salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 1986. Batu karang di Giant’s Causeway memiliki bentuk yang unik, tersusun rapi dari kolom-kolom basal berbentuk prisma segi. Pantai dengan bebatuan unik ini menjadi salah satu wisata populer di Irlandia Utara.

Tapi, di Indonesia juga ada lho pantai dengan batu karang unik yang serasa membuat kamu berada di ‘planet’ lain! Yaitu Pantai Semeti yang ada di Lombok. Pantai yang tergolong tersembunyi ini karena berada di berada di balik perbukitan dan sawah. Pantai ini memiliki hamparan pantai putih yang begitu menawan dan bebatuan unik dari alam yang mirip dengan Planet Krypton yang ada di film Superman. Bahkan ada lho yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Krypton! Susunan batu karangnya begitu unik seperti piramida yang keluar dari permukaan air laut. Formasi karang dan bebatuan di pantai ini terlihat runcing dan berlapis – lapis dan bisa didaki hingga ke puncaknya. Yakin gak mau ke pantai kece ini?

19. Janjang Koto Gadang, Bukittinggi = Tembok Besar China

A post shared by Ari Afandi (@arichaniago) on


Semua orang juga pasti setuju jika tembok besar China merupakan salah satu masterpiece buatan manusia yang begitu menawan. Tak heran jika tembok besar China masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sekaligus 7 keajaiban dunia. Pesona tembok besar China memang begitu menggoda, namun jika kamu belum ada biaya untuk liburan ke China, kenapa tidak melipir ke daerah Bukittinggi di Sumatera Barat. Ada Janjang Koto Gadang yang bisa jadi solusi wisata murah meriah serasa di tembok China.

Janjang Koto Gadang ini berada di kawasan Ngarai Sianok, Bukittinggi, sekitar kurang lebih 90 kilometer dari Kota Padang dan memiliki panjang 1,5 kilometer Kamu harus trekking menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai puncak Janjang Koto Gadang. Meski melelahkan, namun sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan pemandangan cantik hijaunya pegunungan dan Ngarai Sianok di kejauhan. Dari tempat wisata ini kamu bisa langsung mampir ke Lobang Jepang Bukittinggi dan juga Ngarai Sianok.

20. Green Canyon, Jawa Barat = Havasu Canyon, Arizona, AS

A post shared by Ahmad Fauzi (@fauzie_90) on


Jika di wilayah Arizona terdapat tebing-tebing batu pasir yang indah di Havasu Canyon yang menjadi seperti pembatas alami danau dan air terjun cantik yang begitu menawan, di Jawa Barat ada Green Canyon yang juga memiliki tebing-tebing tinggi yang eksotis. Bedanya, Green Canyon membelah sungai dengan banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan. Misalnya saja menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang begitu menawan, ada juga panjat tebing dan yang paling hits adalah body rafting. Ada yang sudah pernah main kesini?

Masih penasaran dengan destinasi Indonesia rasa luar negeri lainnya yang bisa dieksplor? Ikuti terus blog Pergi.com untuk ketahui lebih banyak destinasi wisata seru di Indonesia ya!