Momen liburan akhir tahun yang berbarengan dengan liburan sekolah tentu jadi waktu yang pas bagi kamu dan keluarga untuk liburan bersama. Liburan bersama anak-anak bisa jadi momen yang menyenangkan, tetapi bisa juga menjadi mimpi buruk jika tidak dipersiapkan dengan baik, terutama jika kamu menggunakan pesawat terbang sebagai mode transportasi. Hal ini karena biasanya anak-anak sering rewel dan tidak nyaman selama penerbangan. Agar liburan bersama keluarga lebih asyik dan si kecil tidak rewel saat naik pesawat terbang, berikut ini ada 3 tips terbang bersama anak yang bisa jadi referensi kamu.

1. Datang ke Bandara Lebih Awal

anak di bandara
Agar kamu dan keluarga tidak perlu terburu-buru untuk check in dan mengejar penerbangan, datanglah lebih awal ke bandara. Dengan begini kamu masih punya waktu untuk bersantai dan bermain dengan si kecil sebelum penerbangan. Selain itu, di musim liburan biasanya bandara lebih ramai dari biasa karena banyak yang akan liburan akhir tahun. So, untuk menghindari antrian pada saat proses check in dan juga imigrasi, datanglah lebih awal ke bandara. Selain itu, untuk memudahkan proses check in dan juga imigrasi, siapkan tiket dan juga paspor di tas tersendiri agar mudah ditemukan.

2. Pastikan Anak Sudah Makan Sebelum Terbang

anak-makan
Agar si kecil tidak rewel karena lapar selama penerbangan, ada baiknya pastikan anak sudah makan sebelum terbang. Meski setiap maskapai memiliki pilihan meals on board yang beragam, namun pilihan makanan jauh lebih beragam ketika masih di bandara. Makan sebelum terbang sangat penting untuk mencegah anak-anak mengalami sakit telinga selama dalam pesawat dikarenakan perubahan tekanan udara di dalam kabin.

3. Bawa Snack dan Mainan

mainan
Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa takut saat naik pesawat terbang. Untuk mengalihkan perhatian mereka selama penerbangan, siapkan snack dan bawa juga mainan kesukaan anak. Jika tak ingin repot bawa snack, kamu bisa membeli saat berada di dalam kabin namun dengan harga yang lebih mahal dan pilihan yang kurang beragam. Jangan lupa juga bawa mainan kesukaan anak agar mereka bisa memiliki kesibukan selama penerbangan berlangsung.

Agar liburan keluarga semakin menyenangkan, kamu perlu mengetahui bagaimana membuat si kecil nyaman selama penerbangan.

Dan jangan lupa juga untuk melengkapi anak dengan baju yang hangat ya! Mengingat suhu di dalam kabin bisa terasa cukup dingin untuk anak-anak. Dengan mempersiapkan penerbangan dengan baik, kemungkinan anak akan rewel selama penerbangan pun bisa diminimalisir. Selamat menikmati liburan bersama keluarga! Pergi yuk!