Bagi kamu yang pernah naik pesawat, tentu pernah merasakan yang namanya turbulensi bukan? Turbulensi adalah guncangan yang terasa di dalam pesawat. Ada banyak penyebab terjadinya turbulensi saat naik pesawat terbang, seperti memasuki gumpalan awan yang berisi air, memasuki bagian udara yang memiliki cuaca buruk hingga mechanical turbulence yaitu turbulensi yang dikarenakan angin, gunung dan sebagainya. Namun bagi penumpang, guncangan di pesawat tentu menakutkan dan membuat panik.

Tapi sebenarnya turbulensi merupakan salah satu hal biasa yang dijumpai saat penerbangan. Namun jika guncangan yang terjadi cukup keras, tentu semua orang akan merasa takut, cemas dan panik. Karena tidak ada yang tahu kapan turbulensi di pesawat akan terjadi, berikut ini ada 3 tips menghadapi turbulensi di pesawat yang patut kamu ketahui.

1. Selalu Kenakan Sabuk Pengaman

turbulensi di pesawat
Meski tanda kenakan sabuk pengaman akan dimatikan saat pesawat berada di ketinggian yang stabil, namun ada baiknya kamu selalu mengenakan sabuk pengaman sepanjang perjalanan. Hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap stabil meski ada guncangan akibat turbulensi kecil maupun besar.

2. Jauhkan Diri Dari Benda Berbahaya

turbulensi di pesawat
Saat turbulensi yang lumayan kuat, guncangan bisa menyebabkan banyak benda jatuh ke arah kamu. Agar kamu bebas dari kemungkinan terkena benda yang jatuh saat turbulensi, rapikan meja lipat yang ada di depan kursi, jika memesan makanan di pesawat, segera habiskan isinya dan buang sampahnya dengan menitip ke pramugari. Jadi, jika terjadi turbulensi secara tiba-tiba, kamu akan terlindungi dari berbagai hal yang bisa menyebabkan cedera.

3. Dengarkan Instruksi Awak Kabin

turbulensi di pesawat
Saat turbulensi terjadi, biasanya awak kabin seperti pilot maupun pramugari akan memberikan pengumuman untuk mengencangkan sabuk pengaman, tidak beranjak dari tempat duduk dan menjelaskan situasi yang tengah dihadapi. Biasanya pilot akan menjelaskan jika pesawat tengah berada di zona cuaca buruk sehingga mengalami guncangan. Namun jangan khawatir, tetap dengarkan instruksi awak kabin dan bersikap tenang selama guncangan terjadi.

Turbulensi merupakan salah satu hal biasa yang dijumpai saat penerbangan

Dengan mengetahui cara menghadapi turbulensi di pesawat, next time kamu naik pesawat dan harus berhadapan dengan turbulensi, kamu jauh lebih siap dan tidak mudah panik. Meski rasa takut dan cemas pasti ada saat terkena turbulensi, namun biasanya turbulensi terjadi dalam waktu singkat sehingga jangan sampai takut berlebihan. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum naik pesawat ya! Pergi traveling yuk!