Ingin liburan ke Amerika atau Eropa? Pastikan kamu memilih maskapai penerbangan terbaik sebagai alat transportasi kamu ya. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa penerbangan panjang tak akan jauh berbeda dengan penerbangan pendek karena sama-sama beli tiket, duduk manis di dalam kabin dan mendarat di bandara tujuan. Padahal sebenarnya ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum penerbangan panjang. Salah satunya adalah saat memilih maskapai apa yang akan dipakai.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Karena kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam di atas pesawat, maka kamu harus memilih pesawat yang memberikan kenyamanan dan service lainnya yang akan membuat kamu nyaman meski harus menghabiskan waktu berjam-jam di dalam pesawat.

Selain memperhatikan harga tiket pesawat untuk rute yang diinginkan, berikut ini ada 3 tips memilih maskapai penerbangan terbaik untuk penerbangan panjang yang bisa dijadikan referensi.

1. Pilihan Makanan di Pesawat

A post shared by SilkAir (@silkair) on


Terbang dalam waktu lama tentu membuat tubuh cepat lelah dan merasa lapar oleh karena itu maskapai yang menawarkan in-flight meals harus masuk dalam opsi pilihan maskapai yang akan kamu gunakan. Selain itu terbang dengan perut kosong bisa membuat kamu mabuk udara yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan ketika harus terbang berjam-jam lamanya.

Hampir semua maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh menawarkan makanan gratis di pesawat untuk para penumpangnya. Meski ada juga maskapai yang mengharuskan penumpangnya pesan makanan sebelum terbang, namun maskapai dengan in-flight meals harus jadi prioritas kamu dalam memilih maskapai. Selain itu perhatikan juga menu yang akan disajikan ketika terbang.

Baca Juga:  Pertama Kali ke Jepang? Ini Panduan Lengkapnya!

Biasanya website maskapai bersangkutan akan memuat informasi tentang menu makanan apa yang disajikan selama penerbangan untuk rute yang diinginkan. Jika punya pertanyaan spesifik soal makanan yang akan disajikan, misalnya jika kamu alergi terhadap bahan makanan tertentu, kamu bisa menelpon call centre maskapai bersangkutan ya!

2. Hiburan Selama Penerbangan

A post shared by Thai Airways (@thaiairways) on


Dalam penerbangan pendek yang berdurasi 2 jam saja banyak penumpang pesawat yang mudah merasa bosan jika tak ada hiburan di pesawat. Apalagi untuk penerbangan panjang yang durasi penerbangan akan diatas 4 jam lebih. Tentu akan sangat bosan jika tidak ada hiburan selama penerbangan. Maka dari itu pilihlah maskapai yang memiliki in-flight entertainment sesuai dengan kebutuhan, seperti bisa mendengarkan musik, menonton film hingga in-flight magazine yang menarik.

Kamu bisa membandingkan fasilitas hiburan di dalam pesawat yang satu dan lainnya dengan melihat website masing-masing maskapai. Namun, jika kamu tipe traveler yang langsung tidur ketika berada di dalam kabin, tentu opsi hiburan di pesawat tidak terlalu penting. Jadi kembali lagi pada preferensi kamu masing-masing ya!

3. Fasilitas Dalam Pesawat

A post shared by Glen Lopez (@glencharles) on


Kamu juga harus aware dengan fasilitas di dalam pesawat yang akan dinaiki agar nyaman saat terbang. Namun masalah kenyamanan memang tergolong relatif karena ada banyak hal yang menunjang kenyamanan seseorang saat terbang, misalnya bahan pembuat kursi pesawat (apakah kulit atau kain), berapa jarak ruang antar kursi, berapa toilet di dalamnya dan sebagainya.

Jika kamu merasa oke-oke saja untuk fasilitas standar di dalam kabin, cari tahu juga mengenai bagaimana tingkat pelayanan para kru kabin maskapai bersangkutan sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan maskapai tersebut.

Sudah ready untuk long haul flight? Yuk pesan tiketnya di Pergi.com ! Pergi.com juga menyediakan paket tour ke Asia hingga Eropa lho! Jadi bagi kamu yang ingin liburan bebas repot, beli paket tour di Pergi.com tentu pilihan yang tepat. Pergi yuk!

Baca Juga:  3 Tips Nyaman Terbang Bersama Anak

Tour ke Asia Hingga Eropa

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil