Saat liburan ke suatu negara, selain penginapan dan juga transportasi, makanan menjadi salah satu hal penting yang selalu dipertimbangkan. Terutama bagi kamu yang muslim tentu lebih ‘pemilih’ soal makanan. Jika kamu akan liburan ke Korea Selatan dalam waktu dekat, jangan khawatir karena negeri ginseng ini terus berbenah untuk menyambut lebih banyak wisatawan muslim dunia, termasuk menyiapkan banyak tempat makan halal untuk wisatawan.

Sebagai informasi, wisatawan muslim asal Indonesia masuk 10 besar warga negara yang berkunjung ke Korea Selatan lho! Dan jumlah wisatawan Indonesia yang liburan ke Korea Selatan juga menunjukkan peningkatan di setiap tahunnya. Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke Korea Selatan, berikut ini ada 3 tips mencari restoran halal di Korea Selatan yang bisa jadi panduan kamu.

1. Lihat Panduan dari KTO

restoran halal di korea selatan
Korea Tourism Organization (KTO) yang merupakan lembaga resmi Korea Selatan yang tugasnya mempromosikan wisata korea Selatan ke seluruh dunia. Melihat pertumbuhan wisatawan muslim yang berlibur ke Korea Selatan, KTO kemudian merilis guide book untuk memudahkan wisatawan mencari restoran halal di Korea Selatan. Dalam bukunya ‘Muslim Friendly Restaurant’, KTO membagikan lima kategori restoran halal di Korea Selatan, yaitu:

  • Halal certified: restoran yang memiliki sertifikat halal dari Korea Muslim Federation (KMF), biasanya ditandai dengan logo halal di depan restoran
  • Self certified: restoran yang menu makanannya halal, tetapi belum mendapat sertifikat halal dari KMF. Biasanya dimiliki orang muslim atau kokinya seorang muslim
  • Muslim friendly: restoran yang menjual makanan halal, tapi masih menjual minuman beralkohol
  • Muslim welcome: restoran yang biasanya menyajikan menu vegetarian
  • Pork free : restoran ini tidak memiliki menu berbahan babi, namun tetap menjual minuman beralkohol, biasanya restoran seafood atau yang hanya memiliki satu jenis menu

Menurut buku panduan KTO tersebut ada 37 restoran halal certified, 24 muslim friendly, 49 muslim welcome dan 4 restoran pork free.

2. Cari Restoran Vegetarian

restoran halal di korea selatan
Meski tak masuk dalam daftar restoran dari KTO, kamu bisa mencari restoran vegetarian yang banyak terdapat di seluruh wilayah Korea Selatan, terutama daerah yang ramai turisnya seperti Seoul. Restoran vegetarian tentu bebas dari daging dan bahan masak dari daging lainnya, jadi aman untuk dikonsumsi.

3. Opsi Terakhir, Restoran Cepat Saji

restoran halal di korea
Pilihan terakhir bisa dengan mengunjungi restoran cepat saji. Namun tak seperti outlet yang ada di Indonesia, restoran cepat saji di Korea juga belum disertai sertifikat halal dan masih memiliki menu berbahan babi. Untuk amannya, kamu bisa pesan menu dari ayam maupun salad.

Jika kamu akan liburan ke Korea Selatan dalam waktu dekat, berikut ada tips menemukan restoran yang halal di Korea Selatan!

So, buat kamu yang akan berlibur ke Korea Selatan, jangan galau lagi soal makanan yang akan dimakan nanti ketika berada di negara asal K-Wave tersebut. Ada banyak restoran halal di Korea Selatan yang bisa jadi pilihan. Book tiket pesawat kamu ke Seoul atau Busan sekarang juga di Pergi.com dan nikmati diskon untuk tiket pesawat kamu. Pergi yuk!