Naik pesawat kini sudah jadi pilihan banyak orang untuk bepergian. Selain nyaman dan lebih hemat waktu, terutama untuk perjalanan jarak jauh, naik pesawat juga semakin terjangkau dengan banyaknya tiket pesawat murah dan promo yang ditawarkan maskapai dan juga agen travel online.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Selain instruksi penerbangan yang biasanya diperagakan pramugari / pramugara sebelum pesawat take off, ada juga berbagai rahasia unik kabin pesawat yang jarang diketahui penumpang.

1. Warna Kursi Pesawat

kursi-pesawat
Ternyata pemilihan warna kursi pesawat tak hanya soal branding tetapi juga untuk memberi kenyamanan dan membuat penumpang lebih tenang selama penerbangan. Dikutip dari laman Express.co.uk, sebagian besar warna kursi pesawat menggunakan warna biru karena warna ini secara ilmiah terbukti bisa membuat tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang menciptakan rasa nyaman sekaligus mengurangi kemungkinan marah selama di dalam pesawat.

Baca Juga :

Selain itu warna biru juga terbukti memperlambat denyut jantung dan pernapasan, sehingga bisa membantu seserang menjadi lebih relaks. Warna biru juga dihubungkan dengan sesuatu yang bisa dipercaya. Mengingat pesawat akan menembus awan dan terbang di ketinggian ribuan meter diatas permukaan laut, maka masuk akal jika banyak perusahaan penerbangan yang ingin para penumpang mempercayai mereka.

Meski demikian, warna kursi pesawat tak selamanya biru. Warna-warna lembut seperti abu-abu, biru muda hingga cokelat muda kini juga banyak digunakan maskapai di maskapai dunia untuk memberi kesan nyaman dan tenang kepada penumpang. Untuk maskapai Indonesia, umumnya warna kursi pesawat disesuaikan dengan warna livery masing-masing maskapai.

2. Bentuk Jendela Pesawat

jendela-pesawat
Bagi Anda yang sering terbang dan duduk di samping jendela pasti sering memperhatikan bentuk jendela pesawat yang didesain oval, bukannya persegi seperti bentuk jendela mobil maupun kereta api. Ternyata, bentuk jendela pesawat dibuat oval untuk merekayasa tekanan udara internal dan eksternal agar bisa mengalir lancar.

Jika jendela pesawat berbentuk persegi, maka udara akan terjebak di sudut-sudut jendela dan membuat kaca jendela bisa retak. Selain itu, bentuk jendela pesawat seperti ini juga akan menciptakan perbedaan tekanan antara bagian dalam dan luar pesawat sehingga bisa membuat pesawat terbang lebih tinggi. Selain itu, desain jendela pesawat seperti ini juga untuk mengurangi turbulensi ketika pesawat berada di lapisan atmosfer rendah.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Selain bentuknya, di setiap jendela pesawat juga terdapat lubang kecil yang letaknya di bagian bawah jendela. Lubang ini berfungsi untuk membuat suhu dan tekanan di dalam kabin dan di luar pesawat senyaman mungkin untuk penumpang dan awak kabin. Setiap jendela pesawat terdiri dari tiga lapisan, yaitu panel luar, tengah dan dalam. Lubang ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara diantara panel-panel tersebut. Fungsi lain dari lubang kecil di jendela pesawat adalah untuk mencegah kaca pesawat berembun.

3. Kabin Selalu Dingin

kursi-pesawat
Saat boarding ke dalam pesawat, kamu pasti merasakan suhu dingin kabin pesawat. Tak peduli apakah kondisi cuaca sedang cerah maupun mendung, kabin pesawat selalu dalam keadaan dingin. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari risiko penumpang pingsan.

Dikutip dari penelitian “Fainting Passengers: The Role of Cabin Environment” yang diterbitkan dalam jurnal American Society for Testing and Materials menyebutkan bahwa suhu hangat dalam kabin dapat meningkatkan risiko pingsan bagi beberapa penumpang. Suhu kabin dibuat selalu dingin juga untuk menghindari dehidrasi.

So, kapan nih kamu akan terbang? Selain harus menyiapkan tiket pesawat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketika pramugari memperagakan keselamatan penerbangan ya untuk membuat penerbangan lebih nyaman. Pergi yuk!

Pesan Tiket Pesawat