Bandara Internasional Kualanamu yang terletak di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Bandara yang baru beroperasi pada 25 Juli 2013 ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan bandara lain di Indonesia seperti sistem penanganan bagasi, desain yang modern serta sarana transportasi yang lengkap. Yang unik dari bandara ini adalah diterapkannya sistem check-in terbuka, sehingga tak hanya calon penumpang yang bisa mengakses area check-in, tetapi keluarga yang mengantar juga bisa ikut menemani ke konter check-in. Proses check-in di bandara ini dijamiin tidak akan terlalu lama karena tersedia 80 konter check-in untuk berbagai maskapai yang memudahkan calon penumpang melakukan check-in.

Jika kamu kebetulan akan melakukan penerbangan dari Bandara Kualanamu, disarankan untuk datang paling tidak 2 – 3 jam sebelum waktu keberangkatan mengingat lokasi bandara ini yang lumayan jauh dari pusat Kota Medan, ditambah lagi peraturan berbagai maskapai yang mengharuskan penumpang check-in paling lama 45 menit sebelum waktu penerbangan. Jika kamu baru akan check-in setelah waktu yang ditentukan, sudah bisa ditebak jika kamu bakal gagal liburan karena tiket akan dianggap hangus. Untuk menghindari hal tersebut, banyak traveller yang datang lebih awal ke bandara untuk check-in dan mendapatkan boarding pass.

Jika waktu keberangkatan kamu masih lumayan lama, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu boarding pesawat di bandara keren ini lho! Berikut ini ada rekomendasi 3 kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu boarding pesawat di Bandara Kualanamu.

1. Mencoba Makanan Khas Medan

lontong medan
Sumber: http://masclink.blogspot.co.id/2016/05/lontong-medan-di-jogja.html
Kurang lengkap rasanya meninggalkan Medan tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu yang terkenal adalah lontong Medan yang tentu bisa kamu jumpai di berbagai restoran yang ada di Bandara Kualanamu, seperti di Wayang Café atau di Resto Dapur Bunda. Lontong Medan ini berbeda dari lontong sayur di daerah lain. Di dalamnya kamu bisa menemukan potongan lontong yang diberi sambal ubi atau teri, tauco, bihun dan kuahnya yang kental.

2. Melihat Replika Sumatera Utara

replika di kualanamu
Sumber: http://foto.metrotvnews.com/view/2015/06/22/406550/replika-istana-maimun-ada-di-bandara-kualanamu
Di dalam bandara ini kamu bisa menemukan banyak replika bangunan bersejarah di Sumatera Utara, seperti Istana Maimun yang merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Deli yang masih berdiri megah di tengah kota Medan. Ada juga replika Masjid Raya Medan hingga replika Istana Sultan Serdang. Replika bangunan ini dibuat sangat mirip dengan aslinya dan bisa menjadi objek foto yang menarik bagi kamu yang suka jepret jepret.

3. Beli Oleh-oleh Khas Medan

oleh-oleh khas medan
Sumber: http://www.lihat.co.id/wisata/oleh-oleh-khas-medan.html
Yang terakhir adalah membeli oleh-oleh khas Medan untuk keluarga di rumah maupun teman. Kamu bisa membeli Bolu Meranti, Bika Ambon, sirup markisa hingga berbagai cemilan khas Sumatera Utara yang tersedia di KNO Gift and Snack, Toko Edwin dan berbagai gerai lain yang bisa ditemui di setiap lantai bandara hingga area boarding room.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu boarding pesawat di Internasional Kualanamu lho!

Dengan melakukan kegiatan asyik diatas, dijamin waktu menunggu boarding pesawat penerbangan kamu pun tidak akan terlalu membosankan, bukan! Jadi jangan takut jika harus datang terlalu cepat ke Bandara Kualanamu karena ada banyak hal yang bisa dilakukan saat menunggu waktu boarding. Pergi liburan ke Medan yuk!