Eropa kini sudah menjadi salah satu tujuan liburan paling hits di kalangan traveler Indonesia. Bagaimana tidak, kini untuk liburan ke Eropa semakin mudah dengan adanya berbagai pilihan paket tour murah ke Eropa dan juga berbagai penawaran tiket murah dari maskapai dunia.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Dari sekian banyak negara Eropa, kali ini Pergi.com akan membawa kamu jalan-jalan mengunjungi Belanda yang dikenal sebagai negara kincir angin. Selain melihat langsung kincir angin di negara asalnya, Belanda juga masih punya banyak stok destinasi wisata unik dan wajib dikunjungi lho!

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini Pergi.com bagikan 17 destinasi wisata unik di Belanda yang wajib kamu kunjungi supaya liburan kamu lebih seru dan berasa.

1. I Amsterdam


Jika California, Amerika Serikat punya bukit bertuliskan Hollywood yang jadi spot foto wajib, Kota Amsterdam yang merupakan ibukota Belanda juga punya spot mirip yang bertuliskan I amsterdam.

Ada 4 tempat di Belanda dimana kamu bisaberfoto dengan latar tulisan I amsterdam, yaitu di Bandara Schiphol, di depan Rijkmuseum, Amsterdam Museum dan yang terakhir lokasinya nomaden dan saat ini berada di Vondel Park. Belum ke Amsterdam, Belanda rasanya jika belum punya foto dengan latar tulisan ikonik ini!

2. Dam Square


Dikenal juga dengan sebutan De Dam, Dam Square merupakan alun-alun di pusat Kota Amsterdam yang jadi tempat hangout favoritnya warga lokal. Destinasi wisata yangs atu ini tak hanya ramai oleh warga lokal, namun wisatawan juga bisa dengan mudah ditemukan di area ini untuk bersantai dan juga berfoto.

Di sini juga terdapat ribuan burung merpati yang terbang bebas dan pengunjung bis amemberi makan burung-burung ini. Di sekitar Dam Square juga banyak bangunan penting dan bersejarah yang juga jadi tujuan wisata, seperti Royal Palace, Gereja tua Nieuwe Kerk, pabrik pengasahan berlian, Madame Tussauds museum dan juga mall De Bijenkorf.

3. Royal Palace of Amsterdam

A post shared by Caitlin (@cait.genoe) on


Berada di sebelah barat Dam Square, kamu bisa mengunjungi Royal Palace of Amsterdam yang merupakan salah satu dari tiga istana yang masih digunakan oleh keluarga kerajaan. Istana ini bukan kediaman ratu, namun jika bendera Belanda berkibar di atas istana ini berarti di ratu tengah menjamu tamu istana di dalamnya.

Istana ini terbuka untuk umum hampir di sepanjang waktu. Pengunjung pun masih bisa melihat fungsi asli bangunan ini dan mengagumi keindahan lantai, lukisan, patung hingga lampu gantung mewah yang ada di dalam istana ini.

Baca Juga:  5 Destinasi yang Sering Dikira Harus Pakai Visa

4. Kanal Amsterdam

A post shared by I amsterdam (@iamsterdam) on


Tak lengkap rasanya liburan ke Belanda tanpa merasakan serunya mengelilingi kanal Amsterdam yang tersohor di dunia. Menurut Wikipedia, Amsterdam memiliki sekitar 100 km kanal dengan 1281 jembatan cantik di atasnya. Dan kanal Amsterdam ini secara resmi masuk dalam salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO pada 2010 silam.

Pemandangan kota Amsterdam memang begitu indah dengan kehadiran kanal-kanal ini. Kamu akan diajak menyusuri kanal legendaris dan populer di Amsterdam serta mampu melihat berbagai bangunan bersejarah di sepanjang perjalanan. Jadi jangan sia-siakan waktu liburan di Belanda tanpa ikut tour cruise mengelilingi kanal Amsterdam ya!

5. Museumplein


Museumplein atau dikenal juga dengan nama Museum Square merupakan area terbuka yang di sekelilingnya terdapat berbagai bangunan penting di Amsterdam, Belanda seperti Rijksmuseum, Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum.

Selain bangunan-bangunan yang populer di kalangan wisatawan tersebut, alun-alun yang berbentuk taman ini juga jadi tempat favorit warga lokal maupun wisatawan untuk bersantai maupun berburu foto keren.

6. Rijksmuseum

A post shared by Rijksmuseum (@rijksmuseum) on


Berada di kawasan Museumplein, Rijksmuseum merupakan museum seni dan sejarah terbesar yang paling prestisius di Belanda. Di dalamnya terdapat koleksi dari para maestro terkena Belanda dan juga dari seluruh dunia, seperti karya dari maestro Rembrandt berjudul de Nachtwach yang disebut-sebut harganya lebih besar dari aset kas Belanda!

Ada juga koleksi buku tua dan fotografi klasik yang masih terjaga dengan baik. Museum yang dinobatkan sebagai salah satu dari 10 museum terbaik di dunia ini memiliki penjagaan super ketat dan canggih mengingat begitu berharganya karya seni yang ada di dalam museum ini.

7. Bloemenmarkt


Jika pasar terapung di Indonesia menjual segala jneis barang kebutuhan sehari-hari, beda dengan Bloemenmarkt yang ada di Amsterdam yang merupakan pasar bunga terapung yang begitu memikat. Pasar terapung ini merupakan salah satu destinasi wisata unik Belanda yang tidak bisa ditemukan di tempat lain dan dipilih UNESCO sebagai satu-satunya pasar bunga terapung di dunia. Keren!

Pasar yang terletak di tepi Kanal Singel ini menjual berbagai jenis bunga, termasuk tulip yang ikonik. Meski hanya menjual bunga, namun pasar ini begitu menarik untuk didatangi dan kamu bisa lho membeli bunga per tangkai dengan harga yang terjangkau.

8. Vondel Park


Vondel Park merupakan taman kota terluas yang ada di Kota Amsterdam yang populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Taman seluas 47 hektar yang dibuka pertama kali untuk publik pada 1865 ini berada di pusat Amsterdam, sebelah barat Museumplein.

Baca Juga:  4 Makanan Khas Jakarta yang Mulai Langka

Taman ini paling asyik dijadikan tempat bersantai, piknik, olahraga dan juga bermain. Di taman kota ini terdapat museum, playground dan juga restoran yang semakin memanjakan pengunjungnya.

9. Natura Artis Magistra

A post shared by Clarín (@clarincom) on


Destinasi wisata unik selanjutnya adalah kebun binatang besar di tengah kota Amsterdam; Natura Artis Magistra atau disingkat Artis yang merupakan kebun binatang tertua di Belanda dan termasuk salah satu yang tertua di seluruh Eropa.

Tak hanya memiliki koleksi berbagai jenis hewan, kebun binatang ini juga memiliki aquarium raksasa yang jadi tempat wisata favorit warga lokal dan wisatawan.

10. Anne Frank House (Anne Frank Huis)


Tempat wisata unik selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Anne Frank House yang merupakan museum biografi seorang gadis Yahudi yang bersembunyi dari Nazi pada Perang Dunia II.

Objek wisata yang dibuka pada tahun 1960 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan museum ini juga jadi salah satu tempat syuting film The Fault in Our Stars. Jangan heran jika bnayak wisatawan yang harus mengantri untuk bisa masuk ke musum ini ya!

11. Amsterdam Arena

A post shared by Harry Fleming (@harryfleming) on


Bagi kamu yang menyukai sepak bola terutama klub asal Belanda, Ajax, mengunjungi Amsterdam Arena wajib dilakukan. Stadion sepak bola terbesar di Belanda yang juga jadi markas dari klub Ajax ini terbuka untuk umum dalam special tour yang disiapkan oleh pengelola stadion.

Arena Stadium Tour terbuka untuk wisatawan di setiap harinya dan berlangsung selama 8 kali sehari (kecuali jika ada pertandingan) dengan guide berbahasa Inggris dan Belanda. Selama tour selama 75 menit kamu akan diajak mengunjungi dress & press room, Ajax Gallery of Fame visit dan mengunjungi Fan Shop. Tiket untuk ikut tour ini adalah €10 (anak-anak) dan €15 (dewasa) untuk pembelian online.

12. Leidse Square

A post shared by k*cupp (@k_cupp_) on


Dikenal juga dengan nama Leidseplein, Leidse Square merupakan kawasan hiburan malam terbesar dan terkenal di Amsterdam. Disini terdapat banyak cafe, restoran, teater, diskotik, klub malam, pub hingga kasino yang jadi tempat nongkrongnya warga lokal maupun wisatawan.

Di Leidse Square kamu bisa melihat hiruk pikuk kehidupan malam di Amsterdam yang menarik sambil ditemani iringan lagu dari street performer yang memukau.

13. De Gooyer Windmill


Liburan ke Belanda belum lengkap rasanya tanpa melihat kincir angin yang jadi ikon negara ini. Dari sekian banyak kincir angin yang masih ada di Belanda, De Gooyer Windmill merupakan salah satu kincir angin tersisa yang bisa dilihat di Amsterdam.

Baca Juga:  Ini 5 Destinasi Wisata Keluarga yang Seru di Bandung

Kincir angin kayu tertinggi di Belanda ini sangat populer untuk latar berfoto, tetapi tidak dibuka untuk umum.

14. Keukenhof

A post shared by Siusealine (@siusealine) on


Puas berwisata di sekitar Amsterdam, kamu bisa melipir sedikit ke Lisse untuk mengunjungi taman Keukenhof yang masuk dalam daftar salah satu taman terindah di dunia. Taman ini dikenal memiliki ladang tulip terbesar di Belanda yang akan sangat cantik pada Maret – Mei saat bunga tilip mekar secara sempurna.

Tak hanya wisatawan, warga lokal Belanda pun banyak yang datang ke Keukenhof untuk melihat keindahan taman yang dipenuhi bunga tulip yang mempesona. Selain tulip, jenis bunga lainnya yang ada di taman ini adalah sakura, mawar, anggrek, lavender dan masih banyak lainya. Di taman ini juga terdapat istana yang menarik perhatian lho!

15. Zaanse Schans

A post shared by 宓真理 (@mierleeza) on


Salah satu tempat dimana kamu bisa melihat banyak kincir angin adalah Zaanse Schans yang berada di tepi sungai Zaan di Zaandam, desa Zaandijk, North Holland, Belanda. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Belanda yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan di setiap tahunnya.

Mampir ke Zaanse Schans kamu tak hanya bisa menemukan kincir angin, tetapi juga suasana indah khas pedesaan Belanda yang mempesona dengan bangunan-bangunannya yang bergaya tradisional. Terdapat 8 kincir angin kuno yang masih berfungsi di Zaanse Schans yaang bisa dinikmati oleh wisatawan.

16. Volandam

A post shared by Dèspina (@dannidash__) on


Volandam merupakan kota nelayan kuno yang menawarkan pemandangan cantik dan mengesankan. Selain bisa menemukan bangunan-bangunan dengan arsitektur tradisonal, banyak warga di kota ini masih mengenakan pakaian tradisional yang memberikan pemandangan unik di sepanjang perjalanan.

17. Kinderdijk

A post shared by Marieke Kazen (@mariekekazen) on


Desa yang satu ini dikenal dengan sebutan desa 1000 kincir angin karena memiliki banyak sekali kincir angin yang masih berfungsi dan jadi objek wisata menarik di Belanda.

Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 15 km dari Rotterdam membuat desa cantik ini terlalu sayang untuk dilewatkan ketika liburan ke Belanda. Untuk menikmati indahnya pemandangan kincir angin, kamu bisa berjalan santai maupun menyewa sepeda sambil menikmati panorama indah desa ini.

Jauh-jauh liburan ke Belanda jangan sampai melewatkan mengunjungi berbagai destinasi unik Belanda di atas ya! Yuk liburan seru ke Belanda!

Jika tak ingin repot saat liburan ke Belanda, kamu bisa lho memesan paket tour ke Belanda di Pergi.com. Kapan lagi coba bisa pesan paket tour yang bisa dicicil 0% dan dapat diskon 10% untuk paket tour Explore? Pergi yuk!

Paket Tour ke Belanda

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com