Sumber: Flickr @ Jay Yoo

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan. Entah itu mengandalkan tur maupun pergi sendiri, Korea Selatan memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga :

Bagi kamu yang liburan dengan bujet terbatas dan agak pas-pasan, berikut ini ada 16 destinasi wisata gratis di Korea Selatan yang bisa dikunjungi.

1. Gwanghwamun Square

A post shared by Maya Rella (@mayarella) on


Belum ke Seoul rasanya jika belum mengunjungi Gwanghwamun Square dan berfoto dengan latar King Sejong the Great, sang penemu huruf Hangul maupun Admiral Yi Shun-Shin. Gwanghwamun Square ini berada di depan Gyeongbukgung Palace dan dikelilingi jalan raya yang selalu ramai. Kamu bisa berfoto ria disini secara gratis.

2. Cheonggyecheon Stream

A post shared by Ellwyn (@ellwyn) on


Tak jauh dari Gwanghwamun Square terdapat tempat wisata menarik di Seoul yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Cheongyecheon Stream yang merupakan aliran sungai bergaya modern yang mengalir di tengah kawasan bisnis Seoul. Sungai ini menjadi tempat favorit warga Seoul dan turis untuk bersantai sambil merendam kaki di aliran sungai yang sejuk.

promo-pergicom
Liburan ke luar negeri lebih murah bersama Pergi.com

Di kedua sisi sungai ini terdapat area berjalan yang didesain begitu apik sehingga terlihat begitu instagramable. Selain itu ada 14 titik menarik di sepanjang Cheonggyecheon Steam, diantaranya seperti Stepping Block, Wall of Hope, atau Mojeonggyo Bridge. Wisatawan pun bisa duduk di tepi sungai sambil bersantai atau berjalan menyusuri aliran sungai dambil mengobrol santai.

3. Seoullo 7017

A post shared by Renz Martin (@martinlaurenze) on


Seoullo 7017 merupakan destinasi wisata dan ikon terbaru Kota Seoul yang diresmikan pada 20 Mei 2017 lalu. Jembatan layang khusus berupa taman kota sepanjang 1.024 km yang didedikasikan untuk pejalan kaki. Taman di atas Seoullo 7017 ini di desain begitu cantik dan nyaman bagi pejalan kaki ditengah sibuknya aktivitas di Seoul.

Terdapat sekitar 228 spesies bunga dan 24.000 tanaman yang ditanam di sepanjang Seoullo 7017 ini. Wisatawan bisa mengunjungi ikon wisata Seoul ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Ada juga city walking tour gratis yang ditawarkan secara online bagi kamu yang ingin mempelajari lebih banyak soal cerita menarik Seoul dari zaman ke zaman.

4. Sungai Han


Sungai Han merupakan salah satu ikon Kota Seoul yang selalu bisa dilihat di video musik boyband / girlband Korea hingga tempat syuting drama dan film Korea serta reality show. Sungai Han memiliki panjang 514 km dan bermuara di Laut Kuning. Sungai ini terbentang di sepanjang Kota Seoul mulai dari Gangseo, Nanji, Mangwon, Yanghwa, Seonyudo, Yeouido, Ichon, Banpo, Jamwon, Ttukseom, Jamsil, dan Gwangnaru.


Penginapan Murah di Seoul

Datang dari Indonesia untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Seoul dengan harga mulai Rp 400.000 di Pergi.com

Baca Juga:  Ini Prediksi 8 Tren Traveling di 2018!

Hotel di Seoul


Tak heran jika di sepanjang sungai ini terdapat banyak jembatan dan taman-taman cantik di setiap wilayah yang dilewati sungai ini. Taman-taman ini umumnya bisa diakses dengan gratis. Bersantai di sekitar Sungai Han banyak digemari penduduk sekitar dan juga turis. Selain berfoto, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan, seperti camping, berkeliling naik sepeda, bermain air di fountain dan masih banyak lainnya.

5. Banpo Bridge

A post shared by Patrycja (@caffeinewookey) on


Banpo Bridge ini merupakan satu dari sekian banyak jembatan yang berdiri di atas Sungai Han yang menghubungkan bagian utara dan selatan Kota Seoul. Atraksi paling hits di sekitar jembatan ini adalah Rainbow Fountain yang merupakan pertunjukan air mancur dari atas jembatan dengan berbagai warna yang diiringi alunan musik romantis.

Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati setiap malam pukul 8 malam dengan durasi show selama 15 menit. Dari jembatan ini kamu juga bisa melihat N Seoul Tower dari kejauhan.

6. Namsan Park

A post shared by wanderingfel (@wandering_fel) on


Namsan Park merupakan taman kota terbesar di Seoul, Korea Selatan. Taman ini didesain dengan berbagai jenis bunga dan pohon ginko yang membuat taman ini begitu adem dan juga asyik untuk bersantai sambil foto-foto.

Taman ini biasanya menjadi tempat transit seru bagi orang-orang yang mendaki Gunung Nam. Dari taman ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Seoul yang cantik, terutama di malam hari saat lampu-lampu kota mulai dinyalakan.

7. Pasar Malam Dongdaemun, Insadong, Namdemun, dan Myeongdong

A post shared by Carlo Quiambao (@carloquiambao) on


Selain berbagai destinasi wisata alam dan kebudayaan yang menarik, Seoul juga punya banyak pasar malam yang wajib dikunjungi dalam trip ke Korea Selatan. Ada banyak pasar malam seru yang harus didatangi ketika ke Korea, seperti Dongdaemun yang lokasinya dekat dengan Gwanghwamun Square, Namdaemun yang merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Ada juga Insadong dan Myeondong yang semuanya jadi tempat belanja favorit turis maupun warga sekitar. Tak hanya belanja pernak pernik khas Korea, di pasar malam ini kamu bisa membeli berbagai barang dalam harga murah, mencicipi berbagai kuliner khas Korea Selatan hingga mendapat sampel make up gratis.

Baca Juga:  Liburan Mewah di Hotel Bintang 5 Bali Dengan Private Beach Ini Yuk!

8. Kawasan Hongdae


Kawasan Hongik University Street atau yang dikenal dengan Hongdae merupakan kawasan tempat berkumpulnya anak-anak muda Seoul. Disini kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner hingga wisata belanja ter-hipster tak hanya dikalangan anak muda Seoul, tetapi juga wisatawan.

Semakin malam kawasan Hongdae biasanya semakin ramai dan menarik untuk dikunjungi. Tak pun harus belanja atau makan, menyusuri jalan ini akan memberikan pengalaman seru saat liburan ke Korea Selatan.

9. Ewha Women University

A post shared by Haram Emily Kim (@ra._.me) on


Meski bukan termasuk list ‘destinasi wisata’, namun kampus Ewha Women University memiliki desain yang artistik dan fotogenik sehingga banyak wisatawan yang datang dan berfoto-foto disini.

Di sekitar area kampus juga terdapat banyak toko kosmetik, baju, tas dan fashion item lainnya yang memiliki banyak diskon menarik. Bahkan di sekitar Ewha Women University juga banyak membagikan sampel kosmetik gratis yang jauh lebih banyak dibandingkan di area Myeongdong lho!

10. Museum Hopping


Beberapa museum keren di Seoul memberikan program free admission untuk pengunjungnya, termasuk bagi turis. Kamu bisa museum hopping sambil belajar sejarah Korea Selatan sekaligus berburu foto di banyak spot keren. Musem yang dimaksudkan adalah King Sejong Museum, The Olympic Museum, Museum of Korean Embroidery, dan The BK Plastic Surgery.

paket tour pergi.com
Sekarang di Pergi.com sudah ada paket tour lho!

Sementara itu jika kamu memakai Hanbok di siang hari, kamu bisa masuk The National Folk Museum secara gratis. Menarik bukan?

11. Istana Deoksugung


Istana Deoksugung merupakan salah satu istana di Seoul yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. untuk masuk ke dalam istana ini memang dikenakan biaya, namun ada hal menarik yang bisa dinikmati wisatawan secara gratis, yaitu upacara pergantian penjaga yang diadakan di depan istana setiap hari pukul 11.00, 14.00, dan 15.30 KST.

Upacara pergantian penjaga ini lumayan meriah dan menarik untuk dilihat serta berlangsung selama 30 menit per sesinya. Wisatawan juga bisa memakai pakaian tradisional Hanbok untuk berfoto lho!

12. Some Sevit (Hangang Floating Island)

A post shared by Jinwoo Seong (@jinwoos_vision) on


Sudah nonton film Avengers: Age of Ultron belum? Di film tersebut ada pengambilan gambar di Korea Selatan yang aslinya bernama Some Sevit atau Hangang Floating Island. Bangunan yang jadi tempat syuting Avengers tersebut berdiri diatas pulau terapung buatan yang dibangun diatas Sungai Han.

Dari Some Sevit kamu bisa melihat ke arah Banpo Bridge dan menikmati rainbow fountain dari sudut yang berbeda. Untuk main ke pulau buatan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan selain berfoto maupun bersantai. Ada banyak restoran, observation deck hingga media art gallery.

Baca Juga:  Tempat Liburan Romantis Yang Tiket Pesawatnya 1 Jutaan Berdua

13. Bukchon Hanok Village


Bukchon Hanok Village merupakan kawasan perumahan rumah tradisional Hanok seperti pada masa Dinasti Joseon. Rumah Hanok disini masih terjaga keasliannya dan menjadi pusat budaya bagi wisatawan yang ingin mengenal budaya Korea lebih dalam.

Kawasan ini terletak di antara Gyeongbokgung, Changdeokgung dan Jongmyo Shrine. Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan perumahan Hanok ini secara gratis dan yang paling hits adalah berfoto dengan latar Hanok yang keren.

14. Namsangol Hanok Village


Masih belum puas telusuri perumahan tradisional Korea di Bukchon Hanok Village? Masih ada Namsangol Hanok Village yang terletak di sekitar Gunung Nam. Disini kamu bisa melihat rumah tradisional Korea di masa Dinasti Joseon lengkap dengan propertinya.

Ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga hingga dapur yang dilengkapi dengan properti seperti aslinya. Untuk ke Namsangol Hanok Village tidak dipungut biaya, namun jika kamu ingin memakai Hanbok sambil berfoto di rumah tradisional, kamu cukup membayar biaya sewa 5.000 won.

15. Ihwa Mural Village

A post shared by Nguyen Vu (@vstorm) on


Ihwa Mural Village terletak diantara Hyewa Station dan Dongdaemun Station atau tepatnya dibawah Naksan Park. Ihwa-dong merupakan salah satu kawasan tua di Seoul yang disulap menjadi salah satu tujuan wisata hits di Seoul.

Perkampungan ini merupakan Naksan Project 2006 dari Komite Seni Publik. Di sini kamu bisa melihat berbagai mural cantik yang dilukis oleh sekitar 60 seniman di dinding hingga tangga. Kini Ihwa Mural Village menjadi salah satu tempat foto hits bagi wisatawan maupun anak muda Seoul yang bisa didatangi setiap hari gratis.

16. K-Star Road di Gangnam

A post shared by Emmy (@emmie0807) on


Tempat yang satu ini adalah surganya bagi k-pop lovers. Di sepanjang jalan ini terdapat banyak Gangnam doll dari berbagai k-pop group terkenal, seperti EXO, BTS, TVXQ dan lainnya yang selalu jadi objek foto wisatawan yang mampir ke Gangnam. Di area ini juga ada 4 agensi besar di Korea, yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment dan FNC Entertainment.

Fans K-pop banyak yang menunggu artis favoritnya di depan gedung agensi masing-masing dan jika beruntung kamu bisa lho melihat artis K-pop maupun aktor / aktris Korea di sekitaran Gangnam yang merupakan salah satu area high-class di Seoul.

Sudah siap liburan ke Korea Selatan? Kamu bisa memilih ikut tur ke Korea Selatan maupun berangkat sendiri ke Korea Selatan. Jangan khawatir tidak bisa mengunjungi destinasi gratis diatas jika pakai tur ke Korea Selatan karena setiap tour pastinya memiliki waktu bebas yang bisa kamu gunakan untuk menyusuri Kota Seoul sampai puas. Beberapa destinasi diatas juga sering masuk dalam itinerary tur Korea Selatan lho! Pergi yuk!

Tour ke Korea Selatan

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil