Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu negara tanpa mencicipi makanan khasnya. Dan belum sah rasanya jika ke korea Selatan tanpa mencicipi street food-nya yang terkenal kemana-mana.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Di Indonesia memang sudah banyak kafe dan restoran yang menjual makanan street food khas Korea, namun akan jauh lebih ‘berasa’ jika mencoba langsung di negara asalnya, kan!

Nah, jika sebelumnya Pergi.com sudah membahas restoran halal di Seoul, kali ini Pergi.com akan bagikan informasi mengenai 13 street food Korea Selatan yang wajib kamu cicipi.

1. Tteok-bokki (떡볶이)


Untuk street food yang satu ini pasti kamu sudah sering dengar kan? Entah itu di drama, film maupun reality show Korea, tteok-bokki selalu muncul. Makanan ini terbuat dari kue beras berukuran panjang yang dimasak dengan saus gochujang, fish cake, telur dan daun bawang. Rasa makanan ini campuran dari gurih, pedas dan juga manis yang bisa buat ketagihan. Kamu pun bisa menemukan tteok-bokki dengan mudah di seluruh wilayah Korea Selatan.

2. Odeng (오뎅)

A post shared by 손우리 (@wooori_son) on


Odeng atau sering juga disebut eomuk (fish cake) ini merupakan jajanan yang juga paling dicari di Korea Selatan. Tak hanya wisatawan, warga lokal pun sangat menyukai street food yang satu ini. Terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung terigu lalu direbus di dalam eomuk-tang (fishcake soup). Rasa makanan yang satu ini gurih dan awas bisa nagih! Odeng biasanya disajikan bersama kuah di dalam cup kertas.

Baca Juga:  3 Restoran di Bali Ini Punya Menu Desert yang Terlalu Cute Untuk Dimakan!

3. Corn Dog (핫도그)

A post shared by 효연(19) (@ki_myoyeon) on


Meski bukan makanan asli Korea, namun corn dog ini juga populer sebagai street food Korea Selatan lho! Sosis yang dibalut tepung lalu diberi kentang di bagian luarnya ini begitu hits di Korea dan bisa dengan mudah ditemukan di penjual kaki lima. Corn dog ini dinikmati dengan saus dan juga mayones yang bisa direquest ke penjualnya.

4. Gimbap (김밥)

A post shared by @mistyyoon on


Makanan yang satu ini juga sudah familiar di Indonesia dan di Korea-pun gimbap menjadi salah satu makanan yang disukai warga lokal hingga wisatawan. Ada banyak sekali variasi gimbap yang bisa kamu temui, namun di setiap gimbab pasti kamu bisa menemukan campuran kimchi dan pickled radish.

5. Bindae-tteok (빈대떡)

A post shared by @choijh6230 on


Makanan yang satu ini merupakan sejenis pancake yang terbuat dari kacang hijau giling yang dicampur sayuran dan daging lalu digoreng pipih. Street food yang satu ini bisa dengan mudah ditemui di pasar tradisional dan paling enak dimakan saat masih hangat. Yum!

6. Gyeran-bbang (계란빵)


Jika diartikan, Gyeran-bbang ini adalah roti telur yang juga populer dalam street food di Korea Selatan. Roti yang dimasak dalam cetakan khusus ini menggunakan satu telur dan ada juga yang menambahkan bacon sebagai bahan pelengkap.

7. Sundae (순대)

A post shared by 文 珍 詠 (@moon_jinyoung) on


Bagi wisatawan muslim, street food ini jangan dicoba ya karena menggunakan darah babi sebagai bahan dasarnya. Sundae bisa dibilang mirip sosis babi, tapi sundae ini terbuat dari nasi dicampur darah babi, pasta kedelai fermentasi dan daun bawang. Warga lokal dan wisatawan banyak yang menyukai jajanan yang satu ini lho!

Baca Juga:  5 Wahana Baru dan Theme Park di Asia yang Buka di Tahun 2017

8. Dakgangjeong (닭강정)

A post shared by 박찬송 (@caansong) on


Akhir-akhir ini tren ayam goreng Korea mulai ramai di Indonesia. Dan jika kamu ke Korea, sempatkan diri mencicipi dakgangjeong atau korean fried chicken ini ya! Dijamin rasanya akan lebih authentic dibanding yang dijual di Indonesia dan harganya yang lebih murah.

9. Bungeoppang (붕어빵)

A post shared by 우혜리 (@hyeri806) on


Kue berbentuk ikan ini di bagian dalamnya berisi pasta kacang merah dan jadi salah satu snack favorit warga lokal maupun wisatawan yang berlibur ke Korea Selatan. Selain kacang merah, isian kue ini juga beragam, seperti cokelat, chestnut dan ubi.

10. Hotteok (호떡)


Street food Korea Selatan yang wajib dicicipi lainnya adalah Hotteok yang merupakan pancake Korea yang diberi isian madu, kacang giling dan gula. Bentuk hotteok ini adalah pipih, bentuknya mirip roti goreng.

11. Bbokki (뽑기)

A post shared by dont be serious (@resonancev_v) on


Bbokki merupakan permen crispy terbuat dari gula cair yang dicampur baking soda. Adonan gula tersebut kemudian dimasak dan diberi motif lucu-lucu. Bbokki ini populer di kalangan warga lokal karena sering dijadikan perlombaan; siapa yang bisa menyisakan bentuk bbokki dengan utuh tanpa tercuil. Ini karena bbokki sangat rapuh dan juga manis.

12. Kkultarae (꿀타래)

A post shared by HYESUNG BANG (@hsbang91) on


Street food selanjutnya adalah kkultarae yang merupakan permen yang mirip kapas/gulali atau arum manis yang diisi kacang giling. Kkultarae ini terbuat dari madu dan gula yang sudah mengeras lalu ditarik hingga membentuk helaian benang berwarna putih.

Baca Juga:  Ke Bangkok Jangan Lupa Icip 20 Kuliner Khas Thailand Ini Ya!

13. Hweori Gamja (회오리 감자 / Tornado Potato)

A post shared by wangjieun (@wangjieun69) on


Tornado potato ini merupakan street food di Korea yang banyak variasinya. Hweori gamja ini merupakan keripik kentang tusuk berbentuk spiral yang digoreng kering dan crispy. Tersedia berbagai bumbu yang bisa dipilih, seperti BBQ, pedas dan sebagainya.

Ingin liburan ke Korea Selatan bebas ribet? Pesan saja paket tour ke Korea Selatan di Pergi.com ! Segera cek paket tour yang tersedia dan ada diskon 10% untuk paket tour explore lho! Pergi yuk!

Paket Tour ke Korea

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com