Saat ini, traveling sudah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat Indonesia. Keinginan untuk berlibur ke tempat – tempat baru pun semakin didukung dengan banyaknya tiket promo murah yang ditawarkan oleh hampir semua maskapai penerbangan. Berburu tiket pesawat murah kini menjadi salah satu rutinitas banyak orang yang ingin liburan tanpa membuat kantong jebol. Jika kamu termasuk suka jalan – jalan dan selalu mencoba mendapatkan harga murah untuk tiket liburan, berikut ini Pergi.com membagikan 10 tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

1. Waktu dan Tujuan Liburan yang Fleksibel

Salah satu cara agar bisa liburan murah adalah memiliki jadwal dan tujuan liburan yang fleksibel. Tiket pesawat murah itu biasanya lebih mudah ditemukan untuk jadwal penerbangan paling pagi atau paling malam karena banyak yang tidak ingin terbang pada jam – jam ini. Selain itu, pesanlah tiket pesawat pada hari Rabu dimana biasanya harga tiket pesawat lebih murah dibandingkan hari-hari lainnya karena banyak maskapai yang ingin memenuhi kuota jumlah penumpang. Selain itu, pilihlah tujuan wisata yang sedang ada tiket promonya, sehingga tiket pesawat jauh lebih terjangkau.

2. Pakai Mode Incognito

Apakah kamu sering mendapati harga tiket pesawat terus berubah dan menjadi semakin mahal setiap kali kamu mengecek di websitenya? Hal ini dikarenakan cookie yang ada pada browser kamu mengindikasikan kamu pernah mengunjungi website tersebut, sehingga website akan menaikkan harga agar kamu segera membeli tiket tersebut. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa memanfaatkan mode incognito yang ada di browser kamu untuk mencari tiket pesawat murah. Untuk browser Chrome, tekan Ctrl + Shift + N, browser Mozilla dengan tekan Shift + P dan Safari dengan klik menu lalu pilih Private Browsing. Saat kamu browsing lewat mode incognito, cookie pada bowser akan reset ulang setiap kamu buka jendela incognito baru. Website pun akan membaca bahwa ini kunjungan pertama kamu ke website mereka sehingga harga tiket yang ditampilkan pun normal.

tips-traveling-1

3. Berlangganan Newsletter

Agar kamu tak ketinggalan jika ada informasi mengenai promo tiket murah, daftarkan diri kamu ke website maskapai untuk mendapatkan newsletter dari mereka. Selain itu, kamu juga bisa mendaftar newsletter di berbagai agen travel online untuk mendapatkan info maupun promo dari maskapai maupun bank – bank tertentu di Indonesia.

4. Follow Sosial Media Maskapai dan Agen Travel Online

Jangan sampai lupa juga untuk follow dan like social media yang dimiliki maskapai dan juga agen travel online, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Maskapai penerbangan dan agen travel online biasanya sering mengumumkan promo maupun sale di berbagai akun sosial media yang mereka miliki. Pastikan kamu mengikuti semua platform sosial media yang mereka miliki agar tak ada info tiket pesawat murah yang ketinggalan.

5. Gunakan Maskapai yang Berbeda

Kamu bisa mencoba untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda untuk pergi dan pulang. Hal ini memang akan sedikit merepotkan jika harus beli tiket satu per satu di website maskapai masing – masing. Namun saat ini sudah banyak agen travel online yang bisa kamu gunakan websitenya untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai di dalam satu jendela. Jadi kamu bisa membandingkan harga tiket pesawat berbagai maskapai dan memilih yang paling murah untuk berangkat dan pulang liburan.

tips-traveling-2

6. Gunakan Kartu Kredit

Jika kamu memiliki kartu kredit, kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Ada maskapai yang mengizinkan pembayaran tiket pesawat dengan cicilan hingga 0% untuk pengguna kartu kredit. Selain itu, di berbagai agen travel online kamu bisa menemukan banyak promo yang diadakan kartu kredit tertentu yang bisa digunakan untuk mengurangi biaya pembelian tiket pesawat kamu. Selain itu kartu kredit biasanya memiliki poin yang terkadang bisa juga ditukar dengan diskon hingga tiket pesawat gratis.

7. Jangan Borong Tiket Secara Bersamaan

Jika kamu berencana traveling rame-rame bersama teman maupun keluarga, ada baiknya tidak langsung memesan tiket pesawat sekaligus karena biasanya harganya lebih mahal. Untuk menyiasatinya kamu bisa membuka jendela baru di browser sesuai dengan jumlah orang yang akan ikut traveling. Lalu kamu buka website untuk mencari pesawat promo dan cari tiket yang diinginkan secara bersamaan. Jika diperhatikan, semua jendela yang kamu buka itu akan menunjukkan harga tiket yang sama. Kamu pun tinggal membeli tiket satu persatu di website yang kamu buka tadi.

8. Manfaatkan Miles dari Maskapai

Jika kamu termasuk orang yang sering bepergian dengan maskapai tertentu, kamu pasti familiar dengan program loyalty maskapai yang biasanya berupa miles atau poin. Semakin sering kamu terbang dengan maskapai tersebut, semakin banyak miles yang kamu miliki yang bisa ditukar dengan berbagai hal. Mulai dari upgrade tiket kelas ekonomi menjadi bisnis, akses lounge khusus, konter check-in khusus, bonus bagasi hingga tiket pesawat gratis!

9. Cari Rute Alternatif

Jika harga tiket pesawat langsung menuju destinasi wisata impian kamu kelewat mahal, kamu bisa mengakalinya dengan mencari rute alternatif. Cara ini ampuh untuk menghemat biaya penerbangan dibanding membeli tiket langsung, namun konsekuensinya kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai destinasi wisata yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin traveling ke India dengan harga tiket langsung seharga Rp 2.500.00 sekali jalan. Namun jika kamu membeli tiket pesawat ke Kuala Lumpur sebesar Rp 300.000 dan tiket ke New Delhi sebesar Rp1.200.000, maka kamu bisa menghemat Rp 1.000.000 dengan mengambil rute alternatif. Meski waktu perjalanan lebih lama, namun kamu bisa jalan-jalan dahulu di negara transit, bukan!

tips-traveling-3

10. Online Booking Lewat Agen Travel Online

Saat ini ada banyak agen travel online yang menyediakan banyak tiket pesawat murah untuk ke berbagai tujuan domestik dan internasional yang bisa kamu gunakan untuk membandingkan harga tiket untuk tujuan liburan kam. Tak perlu lagi repot membuka banyak tab di browser untuk membandingkan harga tiket. Cukup buka satu website saja dan kamu sudah bisa melihat harga tiket termurah untuk rute yang dicari. Selain itu, biasanya ada banyak juga promo yang berlangsung yang bisa membuat tiket pesawat kamu lebih murah lagi. Di Pergi.com, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah menuju berbagai destinasi di Indonesia dan luar negeri. Selain itu, di Pergi.com ada banyak promo diskon yang bisa digunakan untuk buat harga tiket pesawat Anda lebih murah lagi.

Semoga tips diatas bisa bantu Anda temukan tiket pesawat murah dan liburan ke tempat yang diimpikan. Pergi yuk!