Sumber: http://traveltidungsunset.com/2016/03/12/wisata-pulau-tidung/

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, pasti sering merasa penat dengan aktivitas sehari-hari bukan? Weekend pun jadi waktu berharga untuk merileks-kan diri dengan pergi ke mall atau wisata ke luar kota. Sebenarnya, di Jakarta ada banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Tak melulu mall atau tempat belanja, Jakarta masih punya Kepulauan Seribu yang keindahan laut dan pantainya tak kalah dari pulau-pulau cantik di luar ibukota. Kepulauan Seribu juga masuk dalam 10 Bali Baru yang merupakan destinasi prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah, jadi fasilitas di kawasan ini akan terus dibenahi untuk semakin memudahkan wisatawan berkunjung.

Baca Juga :

Liburan ke pulau cantik di Kepulauan Seribu bisa jadi opsi libur weekend yang murah meriah! Dari sekitar 110 yang ada di Kepulauan Seribu, berikut 10 pulau cantik di Kepulauan Seribu yang bisa jadi tujuan liburan weekend kamu selanjutnya!

1. Pulau Tidung

A post shared by DimasSumantri (@dmssmntr) on


Pulau Tidung bisa dikatakan sebagai pulau yang paling terkenal di Kepulauan Seribu. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu ramai di Jakarta. Lautnya yang berwarna biru cantik plus airnya yang bening bisa buat kamu lupa kalau pulau ini masih bagian dari ibukota!

Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua pulau cantik ini dihubungkan dengan jembatan panjang yang sering disebut Jembatan Cinta. Jembatan ini jadi spot paling populer untuk berfoto sekaligus terjun dan nyebur langsung ke laut! Selain air lautnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan, berbagai atraksi menarik seperti Banana Boat, Angsa Laut, Jetsky, naik kano dan masih banyak lainnya juga tersedia di pulau ini. Ada banyak sekali paket wisata yang ditawarkan agen travel untuk island hopping, termasuk di dalamnya ke Pulau Tidung.

Jika tidak ikut paket tur wisata Kepulauan Seribu, kamu bisa menuju Pulau Tidung dengan cara berikut ini:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke, Rawa Saban dan Pantai Ancol Utara
  • Biaya kapal menuju Pulau Tidung bisa berbeda-beda di tiap pelabuhan, umumnya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Jam berangkat kapal juga biasanya hanya di pagi hari dan hanya satu kali sehari.
  • Jika ingin menginap, penginapan di Pulau Tidung sekitar Rp 150.000 – Rp 400.000 per kamar yang bisa ditempati hingga 2 – 8 orang.
  • Sewa peralatan snorkeling dan diving Rp 25.000 – Rp 40.000 / jam.
  • Sewa sepeda Rp 15.000 / jam

2. Pulau Bidadari

pulau-bidadari
Sumber: jakartatraveller.com
Pulau yang satu ini juga termasuk pulau populer di kawasan Kepulauan Seribu. Letak pulau ini hanya sekitar 15km dari Jakarta, sehingga dari pulau ini kamu masih bisa melihat gedung-gedung bertingkat di Jakarta. Pulau ini dinamakan Pulau Bidadari karena menurut masyarakat sekitar dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pangeran Jayakarta dan anggota kerajaan lainnya.

Jika kamu ingin mengeksplor pulau ini tanpa ikut tur, berikut cara menuju Pulau Bidadari dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Marina Ancol
  • Jam berangkat kapal pukul 11.00 WIB dan hanya satu kali sehari, jadi disarankan kamu sudah ada di pelabuhan sekitar jam 09.00 pagi. Dan kapal kembali ke Marina Ancol pada pukul 18.00 WIB
  • Perjalanan ke Pulau Bidadari hanya dibuka dari Kamis – Minggu
  • Penginapan di Pulau Bidadari ada di kisaran harga Rp 200.000 – Rp 500.000 untuk 2-8 orang

3. Pulau Pramuka

pulau-pramuka
Sumber: http://munawarpulautidung.com/wisata-pulau-pramuka/
Pulau yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi di kawasan Kepulauan Seribu. Di pulau ini kamu bisa liburan sambal belajar karena disini kamu bisa mengunjungi tempat pelestarian penyu sisik dan belajar secara singkat bagaimana cara merawat dan melestarikan hewan yang termasuk langka dan dilindungi ini.

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Pramuka dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke
  • Biaya kapal menuju Pulau Pramuka Rp 70.000
  • Sewa homestay sekitar Rp 200.000 – Rp 500.000 untuk 2-15 orang
  • Biaya sewa kapal ojek milik nelayan setempat bagi yang ingin mengeksplor pulau di sekitar Pulau Pramuka atau sekedar ingin bermain di tengah laut Rp 3.000 / orang (di pulau ini disebut ojek dan hanya buka sampai pukul 18.00 WIB)
  • Sewa peralatan snorkeling Rp 25.000 / orang, banana boat Rp 25.000 / orang
  • Sewa sepeda Rp 15.000 / jam atau Rp 30.000 seharian

4. Pulau Ayer

A post shared by Yenny Anas (@yenny_4nas) on


Pulau yang satu ini sering disebut sebagai Mutiara Kepulauan Seribu karena view dan fasilitas yang dimiliki pulau ini tergolong lengkap dan bisa membuat kamu serasa lagi berlibur di Maldives! Yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik Pulau Ayer adalah keberadaan cottage – cottage mengapung di atas laut yang menggunakan gaya etnik Papua. Di pulau ini kamu juga bisa melihat berbagai satwa liar seperti biawak yang hidup secara bebas di pulau ini.

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Ayer dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Marina Ancol
  • Biaya kapal ke Pulau Ayer adalah Rp 80.000
  • Kapal berangkat pukul 09.00 WIB setiap harinya dan kembali ke Marina pada pukul 16.00 WIB di weekday dan pukul 14.00 WIB di weekend / holiday season

5. Pulau Putri

pulau-putri
Sumber: http://pulauputribpi.blogspot.co.id/2014/12/salah-satu-resor-di-indonesia-yang.html
Pulau lain di Kepulauan Seribu yang tak kalah cantiknya adalah Pulau Putri. Disini kamu bisa menikmati keindahan laut yang memiliki air yang bening dan pemandangan bawah laut yang cantik. Sunset dari pulau ini juga begitu memikat lho! Cukup dengan naik perahu, kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang begitu wow. Karena keindahannya, sunset di Pulau Bidadari sering disebut dengan ‘Sunset Cruise’. Di pulau ini juga terdapat cottage yang bisa jadi tempat kamu menginap. Informasi tentang wisata ke pulau ini:

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Putri dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Marina Ancol
  • Kapal berangkat pukul 09.00 WIB setiap harinya dan kembali ke Marina pada pukul 16.00 WIB di weekday dan pukul 14.00 WIB di weekend / holiday season
  • Biaya kapalnya adalah Rp 80.000
  • Biaya menginap di cottage berkisar mulai dari Rp 700.000 – diatas 1 juta untuk satu kamar per malam yang muat hingga 4 orang

6. Pulau Semak Daun

A post shared by Eko Yulianto (@eko.siibohaii) on


Bagi kamu yang benar-benar ingin lari dari semua penatnya ibukota, liburan ke Pulau Semak Daun bisa jadi pilihan di saat weekend. Di pulau ini kamu bisa menemukan pantai berpasir putih yang cantik dan keindahan bawah laut yang wow juga! Disini kamu bisa snorkeling dan diving serta camping! Pulau ini termasuk pulau tak berpenghuni. Jadi jika kamu berniat menginap bersama teman, pastikan bawa tenda ya!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Semak Daun dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke
  • Biaya kapal Rp 80.000 PP menuju Pulau Pramuka, kemudian sewa kapal lagi menuju Semak Daun seharga Rp 300.000 – Rp 800.000 dibagi rata jumlah penumpang tergantung kapasitas kapalnya
  • Biaya masuk Pulau Semak Daun Rp 10.000/orang
  • Sewa alat snorkeling Rp 35.000
  • Tidak ada penginapan, jika ingin menginap bisa di Pulau Pramuka atau camping di Semak Daun

7. Pulau Bira

A post shared by KristantoNurDarlan (@kristnd) on


Pulau Bira juga bisa jadi pilihan tempat wisata seru untuk snorkeling maupun diving. Pulau ini cocok jadi tujuan liburan saat kamu hanya punya jatah liburan singkat. Jika tidak ingin snorkeling, kamu juga bisa sekedar duduk santai dan menikmati keindahan pantai di Pulau Bira dan tentu saja berburu foto! Untuk menuju pulau ini butuh sedikit perjuangan karena kamu harus transit naik kapal saat harus kesini. Pertama-tama kamu harus transit di Pulau Pramuka terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan naik kapal menuju pulau Bira.

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Bira dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke
  • Biaya kapal Rp 80.000 PP ke Pulau Pramuka
  • Sampai di Pulau Pramuka kamu bisa sewa perahu nelayan untuk sampai ke Pulau Bira
  • Biaya penginapan Rp 700.000 – Rp 900.000 / malam untuk cottage ukuran besar, mampu menampung hingga 15 orang

8. Pulau Harapan

pulau-harapan
Sumber: http://www.embunpagitours.com/opentrip/detail/121
Pulau Harapan jadi salah satu tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu, terutama bagi yang suka sekali diving atau snorkeling. Pulau Harapan memiliki terumbu karang yang masih terjaga, sehingga berbagai spesies terumbu karang dan biota laut lainnya masih ramai berseliweran di laut Pulau Harapan. Di pulau ini juga terdapat jembatan kayu yang asyik sekali dijadikan tempat duduk-duduk cantik sambil menikmati keindahan air laut yang terlihat biru di kejauhan. Di pulau ini juga terdapat penangkaran Elang Bondol lho!

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Harapan dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke
  • Biaya kapal Rp 80.000 PP ke Pulau Pramuka
  • Biaya sewa kapal ojek untuk island hopping Rp 300.000/ hari
  • Penginapan kapasitas 10 orang sekitar Rp 400.000 – Rp 550.000 per malam

9. Pulau Pari

A post shared by febri (@febry_glory) on


Ingin menikmati suasana pantai yang tenang dengan pemandangan yang menawan? Pulau Pari jawabannya! Disini kamu bisa menikmati pantai berpasir putih nan lembut, snorkeling dan juga diving. Di pulau ini juga terdapat budidaya rumput laut yang bisa dikunjungi. Pulau ini juga menjadi salah satu pusat penelitian kelautan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) lho! Hitung-hitung liburan sambil tambah wawasan, bukan?

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Pari dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Muara Angke
  • Biaya kapal Rp 80.000 PP
  • Kapal berangkat setiap pukul 07.00 WIB dan kembali lagi ke dari Pulau Pari ke Muara Angke pada pukul 11.00 – 12.00 WIB
  • Sewa sepeda Rp 10.000

10. Pulau Pantara


Pulau yang satu ini merupakan pulau terjauh dalam wilayah Taman Nasional Laut Kepulaun Seribu. Meski lokasinya cukup jauh, namun fasilitas yang tersedia di pulau ini super lengkap dengan resor-resor keren untuk tempat stay kamu selama liburan. Pulau Pantara memang di desain sebagai pulau wisata dan sebagai info, tak ada agen travel yang menawarkan one day trip ke pulau ini. Tak seperti pulau-pulau lainnya yang bisa dicapai dalam waktu lumayan cepat, jauhnya lokasi Pulau Pantara dari pantai Jakarta tak memungkinkan untuk hanya one day trip. Jadi jika kamu minat liburan ke Pulau Pantara, harus menginap ya!

promo hotel pergicom
Diskon Hotel up to 300rb

Jika kamu tidak berangkat melalui agen perjalanan maupun tur, berikut cara menuju Pulau Pantara dari Jakarta:

  • Pelabuhan keberangkatan: Marina Ancol
  • Kapal berangkat tepat di pukul 08.30 WIB dan kapal dari Pulau Pantara ke Marina kembali pada pukul 14.00 WIB
  • Penyewaan cottage berkisar dari Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Liburan ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu bisa jadi alternatif liburan seru weekend kamu bukan? Selain itu, Kamu yang dari luar Jakarta juga bisa mampir ke pulau-pulau di atas lho!

Pesan tiket pesawat ke Jakarta sekarang juga di Pergi.com dan nikmati keindahan ibukota dari sudut lain yang tak kalah menariknya dari gedung-gedung bertingkat. Pergi yuk!

Cek Tiket ke Jakarta