Sumber: Instagram @changiairport

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Dengan tersedianya tiket pesawat murah maupun paket tour luar negeri yang terjangkau membuat siapa saja bisa pergi liburan ke luar negeri. Untuk tujuan yang lumayan dekat dari Indonesia, misalnya negara di Asia Tenggara maupun Australia sudah banyak penerbangan langsung.

Namun untuk tujuan Amerika, Eropa dan bahkan negara-negara populer di Asia, banyak yang mengharuskan kamu untuk mengikuti penerbangan transit. Dan Bandara Changi di Singapura jadi salah satu bandara ‘terfavorit’ untuk penerbangan transit, tak hanya bagi wisatawan Indonesia tetapi juga traveler dunia.

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Menghabiskan waktu berjam-jam transit di bandara terkadang membosankan dan melelahkan. Namun tidak jika kamu transit di bandara Changi. Bandara terbaik dunia di tahun 2017 ini memiliki banyak sekali hal menarik yang bisa dinikmati dan dipakai gratis di semua Terminalnya, termasuk Terminal 4 Changi yang baru saja dibuka!

Baca Juga :

Jika di dalam itinerary paket tour kamu mengharuskan transit di Changi, berikut ini 13 hal gratis dan menyenangkan yang bisa kamu nikmati selama berada di area transit bandara ini.

1. Pijat Kaki


Merasa capek setelah duduk sekitar 2 jam di dalam pesawat dari Indonesia ke Singapura? Rilekskan kaki kamu dengan memanfaatkan mesin pijat kaki gratis yang bisa ditemukan di area transit Terminal 1, 2 dan 3.

2. Nonton Film


Punya waktu transit yang cukup lama dan bosan menunggu? Kamu bisa menonton film box office gratis di All Day Movie Theatre yang berada di transit Area Terminal 2 dan 3 Changi. Film-film yang diputar di bioskop mini ini semuanya film terbaru dengan seating area nyaman, layaknya bioskop sungguhan.

  • Untuk Terminal 2, All Day Movie Theatre berada di dekat kebun bunga matahari, lantai 3 (tutup untuk maintenance kamis pukul 22.00 – 04.00 SGT, Jumat)
  • Untuk Terminal 3, All Day Movie Theatre berada di dekat Ambassador Transit Lounge, lantai 3 (tutup untuk maintenance setiap Kamis pukul 13.00 – 18.00 SGT)

3. Main PS3, Xbox 360 dan Wii

A post shared by Wei En (@xiaoai3ren) on


Bagi kamu yang suka gaming, coba deh main ke Entertainment Deck yang ada di Terminal 2. Disini kamu bisa bermain dengan dengan berbagai konsol game secara gratis! Ada Kinect Sports dengan pilihan game tenis meja, voli pantai, atletik, bowling, tinju hingga sepak bola untuk jadikan waktu transit lebih seru.

Ada juga MTV booth untuk menonton video klip terfavoritmu dengan TV plasma sebesar 50 inci! Ada Xbox 360 dan juga PlayStation 3 yang bisa dimainkan secara gratis! Lokasi Entertainment Deck berada di transit area Terminal 2 dekat dengan kebun bunga matahari, lantai 3.

4. Nonton TV

A post shared by lukey (@lucasso24) on


Jika kamu ingin bersantai sambil menunggu penerbangan selanjutnya dengan menonton berita di TV atau drama, kamu bisa menuju Xperience Zone yang ada di Terminal 2. Sofa-sofa yang nyaman siap menyambut kamu dengan sistem audio in-chair yang akan memberikan kenyamanan lebih. Xperience Zone ini ada di lantai 2 transit area T2. Selain itu ada juga TV Lounge ada di Terminal 3 dan juga 4.

5. Tidur


Changi terkenal sebagai salah satu bandara dunia yang menyediakan banyak sekali tempat tidur gratis yang diberi nama Snooze Lounge untuk traveler yang ingin tidur sambil menunggu penerbangan selanjutnya. Snooze Lounge ini terdapat di semua Terminal Changi, termasuk Terminal 4. Di dalam lounge ini terdapat kursi tidur yang dirancang berlekuk untuk memberi kenyamanan pengguna selama tidur. Ada juga colokan di sampingnya untuk charge gadget plus audio yang pas untuk membuat kamu ngantuk seketika.

  • Terminal 1: Snooze Lounge, Transit East, lantai 3
  • Terminal 2: Sanctuary Lounge, Transit North Pier, dekat gate E5 dan Oasis Lounge, Transit North Pier, dekat gate E11
  • Terminal 3: Snooze Lounge, Transit North Mezzanine, dekat Singapore Food Street
  • Terminal 4: Snooze Lounge, lantai 2M

6. Internet Gratis!


Tonton video favorit atau posting foto-foto perjalanan liburan kamu ke sosial media menggunakan internet gratis di Changi. Meski gratis, namun kecepatan internet di bandara ini lumayan ngebut; kamu bisa nonton video YouTube tanpa lag selama berjam-jam! Cara mudah untuk menikmati internet gratis ini yaitu:

  • Aktifkan Wi-Fi setting di smartphone kamu, cari #WiFi@Changi, pilih Connect
  • Setelah connected kamu harus merampungkan registrasi dengan membuka browser apa saja dari smartphone kamu (Safari, Chrome, Mozilla) dan kamu akan di-direct ke halaman WiFi Changi
  • Pilih ‘3 Hours Free WiFi access’ untuk 3 jam internetan ngebut gratis
  • Akan ada password yang dikirim ke smartphone kamu, masukkan passwordnya, Done!
  • Setelah 3 jam, kamu akan terputus secara otomatis, namun untuk menyambung kembali ke Wi-Fi gratis Changi kamu bisa menggunakan cara diatas dari awal

7. Playground


Biasanya anak-anak cepat bosan ketika harus transit lama di bandara. Namun di Changi kamu bisa menemukan Playground dengan berbagai permainan yang bisa buat anak tetap ‘sibuk’ dan aktif bergerak sembari menunggu penerbangan selanjutnya. Para orangtua pun bisa duduk manis di sofa yang tersedia sambil melihat si kecil bermain. Playground ini tersedia di semua Terminal Changi dan bisa dimasuki secara gratis.

  • Terminal 1: Transit Lounge East, di sebelah Outdoor Garden, lantai 2
  • Terminal 2: Transit Lounge North, di sebelah Family Zone, lantai 2
  • Terminal 3: Transit Lounge Central, di sebelah SATS Special Service Lounge, lantai 2 dan diluar gate A16 – A20, lantai 2
  • Terminal 4: Bus Station, Level 1, Transit Area

8. Family Zone


Bepergian dengan keluarga? Coba mampir ke Family Zone yang ada di Terminal 2 untuk bersantai sejenak. Disini terdapat playground dan kartun untuk anak-anak. Ada juga nursery room dan ruang bersantai untuk anggota keluarga. Lokasi Family Zone ini berada di depan Playground Terminal 2.

9. Main ke Taman

Steel in Bloom

Taman tematik yang ada di Changi ada banyak sekali dan bisa kamu kunjungi untuk berfoto atau sekedar bersantai sambi menikmati indahnya oasis di tengah bandara yang sibuk tersebut. Setiap Terminal di Changi memiliki taman yang berbeda-beda, berikut infonya:

  • Terminal 1: Cactus Garden, Piazza Garden, Sculptural Tree Garden, Water Lily Garden
  • Terminal 2: Sunflower Garden, Orchid Garden-Koi Ponds, Enchanted Garden
  • Terminal 3: Butterfly Garden
  • Terminal 4: Steel in Bloom

10. Main Game Arcade

A post shared by 안그나 (@nonosiu) on


Transit di Terminal 4 Changi? Kamu bisa menuju ke Entertainment Corner untuk main game Arcade yang seru dan nolstagia. Tersedia juga Xbox Kinect untuk berbagai game berbau sports yang bisa dimainkan secara gratis. Entertainment Corner Terminal 4 ada di dekat gate G18.

11. Komputer Gratis


Bandara Changi memiliki lebih sekitar 400 unit komputer yang tersebar di seluruh Terminal yang bisa digunakan secara gratis dengan interval pemakaian per 15 menit, namun kamu bisa memakainya lagi dengan kembai log in per 15 menit. Kecepatan internet di komputer ini juga sama ngebutnya dengan Wi-Fi gratis di Changi.

12. Telepon Gratis

A post shared by JuNaiD BL (@junaid_bl) on


Punya kenalan atau keluarga di Singapura? Kamu bisa memanfaatkan telepon yang ada di setiap Terminal untuk memberi kabar tanpa dipungut biaya. Khusus untuk telepon ke nomor lokal Singapura, jika ingin telepon ke Indonesia akan dikenakan biaya. Lokasi booth telepon gratis ini adalah sebagai berikut:

  • Terminal 1: 7-Eleven, Departure Transit Lounge West, lantai 2
  • Terminal 2: 7-Eleven, Departure Transit Lounge South, lantai 3
  • Terminal 3: Cheers, Departure Transit Lounge North, lantai 3
  • Terminal 4: Arrival Immigration, lantai 1, Transit Area / Departure Transit North, dekat Peranakan Zone, lantai 2 / Departure Transit, lantai 2M

13. Tour Keliling Singapura Gratis!

tips liburan murah di singapura
Jika kamu memiliki waktu transit di Bandara Changi lebih dari 5.5 jam, kamu bisa menikmati tour keliling Singapura gratis! Ada dua jenis tour yang bisa dipilih, yaitu Heritage dan City Sights Tour. Tour gratis ini akan berlangsung selama kurang lebih 2.5 jam, jadi yang berminat untuk keliling Singapura gratis sambil menunggu penerbangan selanjutnya pastikan waktu yang kamu miliki cukup ya!

Tour ini juga punya waktu-waktu tertentu yang harus diperhatikan agar jangan sampai gara-gara ikut tour ini malah ketinggalan pesawat menuju destinasi impian kamu.

Untuk mengikuti tour ini, kamu perlu mendaftar 1 jam sebelum waktu keberangkatan ke konter di Terminal 2, dekat transfer lounge E lantai 2 dan Terminal 3, Transit Mall North di sebelah transfer lounge B lantai 2 dengan menunjukkan paspor dan boarding pass.

  • Heritage tour: Berangkat jam 9 pagi, 11.30 dan 2.30 siang serta 3.30 sore
  • Rute Heritage tour: City Hall, National Gallery of Singapore, Singapore Business District, Merlion Park (berhenti 20 menit untuk berkeliling dan berfoto), Chinatown, Little India, Kampong Glam dan Malay Heritage Centre
  • City Lights tour: Berangkat jam 6 sore dan 7.30 malam
  • Rute City Lights tour: Singapore Flyer, Esplanade, Marina Bay Financial Centre, Merlion Prk (berhenti 20 menit untuk berkeliling dan berfoto), Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay (berhenti 30 menit untuk berkeliling dan berfoto).

Jadi, jika paket tour yang kamu beli mengharuskan kamu transit di Bandara Changi jangan buru-buru merasa sebal ya! Ada banyak hal menarik dan gratis yang bisa dinikmati di Changi, not to mention spot-spot keren untuk selfie yang bertebaran di seluruh Terminal.

Pesan tour ke negara impian kamu sekarang di Pergi.com dan nikmati perjalanan liburan menyenangkan bebas stress. Pergi yuk!

Pesan Paket Tour

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil
Baca Juga:  Video Turbulensi Pesawat Rusia ini Bukti Kenapa Pakai Sabuk Pengaman Itu Penting