Sydney merupakan salah satu kota tujuan wisata popular di kalangan wisatawan Indonesia. Tak hanya menarik saat perayaan malam pergantian tahun yang super meriah di sekitar Opera House, Sydney juga memiliki banyak daya tarik yang asyik untuk dijelajahi. Dengan semakin banyaknya paket tour ke Sydney maupun tiket murah ke Sydney, kini liburan ke Australia bukan hal yang sulit apalagi mahal.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Dari sekian banyak destinasi wisata menarik di Sydney, ada juga lho wisata gratis yang bisa dinikmati wisatawan. Berikut ini Pergi.com bagikan info 10 destinasi wisata gratis di Sydney yang terlalu sayang untuk tidak dikunjungi selama kunjungan kamu ke kota ini!

1. Sydney Opera House


Opera House merupakan salah satu gedung ikonik Australia yang jadi salah satu tempat wisata wajib untuk didatangi jika sedang berada di Sydney. Opera House yang berada di Bennelong Point di Sydney Harbour ini selalu ramai sepanjang hari oleh wisatawan maupun warga local yang ingin menonton pertunjukan di dalamnya atau sekedar bersantai di sekitar gedung ini sambil foto-foto. Rasanya belum sah ke Sydney jika belum berfoto dengan latar Opera House.

Jika ingin menonton pertunjukan di dalam gedung Sydney Opera tentu dikenakan biaya, namun untuk sekedar berfoto di bagian luar di sepanjang Sydney Harbour kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis! Untuk menuju Sydney Opera House juga sangat mudah. Tinggal naik kereta dan berhenti di stasiun Circular Quay lalu jalan kaki sekitar 5 menit.

2. Sydney Harbour Bridge


Bangunan ikonik di Sydney lainnya yang bisa dinikmati secara gratis adalah Sydney Harbour Bridge yang lokasinya tak begitu jauh dari Opera House. Harbour Bridge merupakan jembatan utama yang menghubungkan pusat bisnis Sydney yang dikenal dengan Sydney Central Bussiness District (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney.

Di jembatan ini terdapat rel kereta api, jalan raya untuk kendaraan bermotor dan sepeda serta pedestrian area untuk pejalan kaki. Kamu bisa menyeberangi jembatan ini yang tentu saja gratis sambil berfoto-foto.

Namun jika kamu ingin menikmati Sydney dari perspektif lain, kamu bisa mencoba Sydney Harbour Bridge Climb dimana kamu akan diajak memanjat jembatan ini hingga ke bagian puncaknya dengan menaiki 1.332 anak tangga! Kegiatan ini sangat diminati wisatawan karena bisa melihat pemandangan Sydney 360 derajat dari ketinggian. Namun kegiatan ini tentu tidak gratis, mulai dari 2 juta per orang namun pasti akan worth it.

Baca Juga:  Waktu dan Tempat Terbaik Melihat Sakura Mekar di Jepang 2018

3. Mrs Macquarie’s Chair

A post shared by Callum Upfield (@calupfield) on


Jika kamu ingin menikmati pemandangan Opera House dan Harbour Bridge di satu tempat, Mrs Macquarie’s Chair merupakan tempat yang pas. Mrs Macquarie’s Chair adalah kursi batu yang ada di salah satu sudut Royal Botany Garden yang bisa dinikmati secara gratis.

Warga lokal memanfaatkan taman ini untuk bersantai, lari, piknik dan saat malam tahun baru kawasan Mrs Macquarie’s Chair ini selalu dipadati wisatawan dan warga lokal yang ingin menikmati megahnya pesta kembang api yang menandai masuknya tahun baru.

4. The Rocks


The Rocks merupakan salah satu area bersejarah di Sydney yang letaknya di sebelah selatan Harbour Bridge. Di area ini ada banyak bangunan bersejarah dan juga berbagai kafe dengan pilihan makanan beragam. Mengelilingi area ini tentu saja gratis. Namun jika ingin mengetahui lebih banyak tentang bangunan sejarah yang ada, tersedia free tour yang bisa diikuti:

  • Rocks at 6pm Free Tour
    Kamu akan diajak mengeksplor kawasan The Rock, bagian jalan, pub dan juga bangunan bersejarah. Free tour ini tersedia di setiap hari pada pukul 6 sore dan berlangsungs elama kurang lebih 1,5 jam. Temui I’m Free guide di depan Cadman Cottage, 110 George St Sydney Harbour untuk ikut tour gratis ini ya!
  • Sydney Sights Free Walking Tour
    Sesuai namanya, kamu akan diajak berjalan mengunjungi berbagai tempat di Sydney dipandu guide yang akan menjelaskan mengenai sejarah tentang Sydney. Tempat-tempat yang akan dikunjungi termasuk di dalamnya adallah Sydney Town Hall, Rum Hospital, The Rocks, Harbour Bridge dan Sydney Opera House. Tour gratis ini berlangsung selama 3 jam dengan start point di 483 George Street Sydney.

5. Royal Botanic Garden

A post shared by Na Dine (@din_x3) on


Royal Botanic Garden merupakan oasis di tengah Sydney dengan luas sekitar 30 hektar yang bisa dinikamti secara gratis bagi wisatawan maupun warga lokal. Berdiri sejak tahun 1816, Royal Botanic Garden merupakan salah satu institusi tertua di Australia yang menjadi rumah untuk berbagai tanaman dari Australia dan dunia.

Taman ini buka setiap hari dan gratis kecuali jika ada special event. Tersedia free walking tour dengan guide berpengalaman setiap harinya pukul 10.30 di garden Shop. Untuk menuju Royal Botanic Garden juga sangat mudah, tinggal naik kereta dan berhenti di stasiun Martin Place, St James dan juga Circular Quay.

6. Hyde Park


Hyde Park merupakan taman tertua di Australia yang bisa dinikmati secara gratis oleh siapa saja. Taman yang terletak di jantung Kota Sydney ini merupakan tempat piknik paling hits di Sydney. Tak sekedar piknik atau bersantai di bawah pepohonan, di Hyde Park juga terdapat bangunan bersejarah ANZAC Memorial, visitor center, berbagai monumen dan juga patung.

Taman yang dibelah oleh Park Street ini juga memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi di sekitarnya, seperti Supreme Court of New South Wales, gereja St. James, St Mary`s Cathedral dan juga Australian Museum. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat taman ini sangat mudah dijangkau. Stasiun kereta terdekat adalah St James lalu dilanjutkan berjalan kaki menuju Hyde Park.

7. Museum of Contemporary Art Australia (MCA)

A post shared by @fortune4neses on


Suka dengan hal-hal berbau seni? Kamu bisa mampir ke Museum of Contemporary Art Australia (MCA) yang ada di kawasan The Rocks. Masuk ke museum yang menampilkan koleksi seni dari seniman Australia dan dunia ini gratis kecuali jika ada pameran khusus yang diadakan setahun sekali.

Tersedia tour gratis di dalam museum dipandu guide berpengalaman setiap harinya di waktu-waktu berikut:

  • Senin, Selasa dan Kamis: pukul 11.00 – 13.00
  • Rabu: pukul 11.00, 13.00 dan 19.00
  • Weekend: pukul 11.00, 13.00 dan 15.00

8. Darling Quarter’s Playground


Darling Harbour merupakan daerah pelabuhan yang sibuk dan selalu ramai. Tempat ini selalu dipenuhi wisatawan dan warga lokal untuk bersantai, lari, maupun sekedar duduk santai. Jika kamu liburan ke Sydney bersama anak-anak, di area Darling Harbour terdapat playground dengan berbagai jenis mainan dan hiburan super lengkap yang bisa dinikmati secara gratis!

Darling Quarter’s Playground merupakan salah satu taman bermain terbaik di Australia yang terbuka lebar untuk wisatawan dan warga lokal. Di taman bermain ini ada banyak sekali permainan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Wahana permainan yang ada di playground ini yaitu balance rope, perosotan super jumbo setinggi 3 meter dengan panjang lintasan 8 meter, flying fox sepanjang 21 meter, water jet, gaint ring, area bermain pasir, slide hill, area bermain air dan tak ketinggalan berbagai jenis ayunan seperti jumbo swing dan ayunan untuk dewasa.

9. Bondi Beach


Sedikit bergeser dari kawasan Sydney CBD, ada Bondi Beach yang merupakan pantai paling hits di Sydney dan termasuk salah satu pantai terpopuler se-Australia. Pantai Bondi ini bisa dinikmati secara gratis, tidak ada tiket masuk dan selalu terbuka untuk umum. Pantai ini jadi tempat favorit warga Sydney dan wisatawan untuk berjemur, berenang dan juga bersantai. Pantai ini akan snagat ramai saat musim panas tapi pantai ini asyik dikunjungi di setiap saaat kok!

Untuk menuju Pantai Bondi juga sangat mudah. Hanya berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Sydney, kamu bisa naik kereta ke Bondi Junction Station lalu lanjut naik bus yang menuju Bondi Beach.

10. Vivid Sydney

A post shared by Vivid Sydney (@vividsydney) on


Vivid Sydney merupakan festival cahaya dan music terbesar di Australia yang diadakan setiap tahunnya di Sydney. Festival keren ini mengubah wajah Sydney menjadi benar-benar indah dan instagenic dengan berbagai instalasi lampu menarik di berbagai tempat, mulai dari Opera House, Harbour Bridge, gedung-gedung tinggi dan juga kapal-kapal yang melintas di Sydney Harbour.

Vivid Sydney merupakan salah satu festival terbaik di Australia yang sayang sekali jika dilewatkan. Vivid Sydney 2018 akan diadakan pada 25 Mei – 16 Juni 2018 dan bisa dinikmati secara gratis! Saat festival berlangsung, Sydney akan jadi lebih berwarna dan meriah dan kamu akan punya banyak tempat untuk berfoto untuk buat feed Instagram semakin wow.

Selain instalasi lampu keren dan juga video mapping yang super wow, acara Vivid Sydney juga menyuguhkan pertunjukan musik dan juga diskusi mengenai ide-ide kreatif. Festival ini dimulai pukul 6 sore hingga tengah malam di setiap harinya.

Ingin liburan ke Sydney saat Vivid Sydney 2018 berlangsung? Kamu bisa lho pesan paket tour ke Sydney di Pergi.com untuk keberangkatan saat festival tersebut berlangsung! Seperti 7D Favorite Australia Dreamland + Brighton Bathing Boxes & Vivid Sydney 2018 dan 7D Favorite Australia Dreamland + Vivid Sydney.

Selain itu Pergi.com ada juga menyediakan banyak paket tour ke Australia lainnya yang bisa dipilih untuk liburan kamu selanjutnya. Tersedia diskon 10% untuk paket tour explore dan fasilitas cicilan 0% untuk semua paket tour. Pergi yuk!

Paket Tour ke Australia

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com
Baca Juga:  Ini 10 Kota Paling Banyak Ditautkan di Instagram Versi CNN