Setelah branding Wonderful Indonesia sukses meningkatkan citra Indonesia di dunia, Kementerian Pariwisata kembali meluncurkan logo dan juga slogan baru bagi 10 destinasi wisata yang dikenal sebagai new Bali pada Rabu (14/6/2017) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Indonesia sudah mengembangkan branding dari 2008 dengan melakukan modifikasi lambang burung garuda menjadi sebagaimana bentuk burung yang ada di logo Wonderful Indonesia yang diabstraksi. Warna yang terdapat dalam logo mencerminkan Pancasila,” ucap I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata, yang mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia, seperti dikutip dari laman Kompas.

“DNA logo jika dilihat masih sama dengan logo Wonderful Indonesia,” tambahnya. Dikutip dari laman Kompas, berikut adalah 10 destinasi pariwisataa beserta deskripsi dari logo dan juga slogan baru yang diluncurkan pemerintah.

1. Medan, Sumatera Utara

colorful-medan
Sumber: http://www.indonesia.travel/en/highlight/medan
Slogan untuk Medan adalah Colorful Medan dengan logo bergambar kain dengan huruf M yang memiliki corak dan warna yang mengacu pada warna dasar brand Wonderful Indonesia. Logo ini juga menggambarkan keberagaman suku dan etnis yang ada di Medan. Tak ketinggalan juga keragaman budaya, kekayaan alam dan kuliner yang menjadi potensi wisata daerah ini.

2. Kepulauan Riau

wonderful-riau-island
Sumber: http://www.indonesia.travel/en
Slogan untuk wisata Kepulauan Riau adalah Wonderful Riau Island dengan logo bergambar perahu layang yang menjadi representasi budaya melayu dari Kepulauan Riau. Elemen ombak yang ada di logo untuk Kepulauan Riau merupakan simbol kehidupan masyarakat Kepulauan Riau yang penuh dengan dinamika.

3. Jakarta

enjoy-jakarta
Sumber: http://www.indonesia.travel/en
Slogan untuk Jakarta adalah Enjoy Jakarta dengan logo berbentuk Monumen Nasional (Monas) dengan lima garis yang melambangkan lima wilayah di Jakarta yang bergerak lincah sebagai simbol kemajuan zaman. Slogan yang ditulis dengan huruf kecil melambangkan keterbukaan dan juga kerendahan hati.

4. Bandung, Jawa Barat

stunning-bandung
Sumber: http://www.indonesia.travel/en
Slogan untuk wisata Bandung adalah Stunning Bandung, Where the wonders of West Java begin dengan logo berbentuk perpaduan bunga dan senjata kujang yang merupakan simbol keindahan dan orisinalitas Jawa Barat. Slogan Bandung ini memiliki arti Bandung yang kaya budaya, seni, sejarah, kuliner dan juga keindahan alam.

5. Yogyakarta, Solo, Semarang

java-cultural-wonders
Sumber: http://www.indonesia.travel/en
Untuk wisata daerah ini dipilih slogan Java cultural wonders dengan logo berbentuk Candi Borobudur. Bentuk sulur yang ada di bagian bawah candi diadaptasi dari sayap burung garuda yang ada di logo Wonderful Indonesia yang mencerminkan konsep kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu atau tingkat kehidupan manusia yang beragam.

6. Banyuwangi, Jawa Timur

Majestic Banyuwangi
Sumber: http://www.indonesia.travel/en/highlight/banyuwangi
Untuk wilayah Banyuwangi, slogan yang dipilih adalah Majestic Banyuwangi yang logonya terdiri dari berbagai elemen, yaitu blue fire di Gunung Ijen, ombak pantai G-land, Pantai Sukamade dan matahari terbit karena untuk daerah Pulau Jawa, matahari terbit pertama kali di daerah Banyuwangi.

7. Bali

bali-island-of-gods
Sumber: http://www.indonesia.travel/en
Untuk Bali, slogan wisata yang terpilih adalah The Island of Gods dengan logo siluet Pulau Bali dan Nusa Penida serta pura / meru yang melambangkan kehidupan religius masyarakat Bali, bunga kembang sepatu yang melambangkan persembahan dalam ritual keagamaan Hindu Bali dan juga sebagai lambang kecantikan.

8. Lombok, Nusa Tenggara Barat

friendly-lombok
Sumber: http://www.indonesia.travel/en/highlight/lombok
Untuk Lombok, slogannya adalah Friendly Lombok dengan logo yang menggabungkan matahari yang bersinar di atas ombak, gunung dan dasar laut yang mewakili kontur alam Lombok. Logo ini melambangkan keceriaan dan persahabatan.

9. Makassar, Sulawesi Selatan

explore-makassar
Sumber: http://www.indonesia.travel/en/highlight/makassar
Untuk wilayah Makassar, slogan yang diberikan adalah Explore Makassar dengan logo kapal phinisi yang menggambarkan jati diri Makassar sekaligus simbol konektivitas dengan dunia internasional. Kapal phinisi ini juga dianggap sebagai lambang keseimbangan antara sejarah dan peradaban modern.

10. Bunaken (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Raja Ampat (Papua Barat)

Coral Wonders
Sumber: http://www.indonesia.travel/en/highlight/coralpearls
Untuk ketiga daerah ini, slogan yang terpilih adalah Coral Wonders yang menggambarkan keindahan bawah laut, alam dan juga budaya.