Area tambang biasanya identik dengan proses pengerukan sumber daya di suatu tempat yang sering menimbulkan lubang-lubang maupun bekas galian yang dibiarkan begitu saja setelah tidak lagi beroperasi. Namun, akhir-akhir ini banyak area bekas tambang ini yang menjadi wisata alternatif yang instagramable dan hits di sosial media. Berikut ini ada 10 area bekas tambang di Indonesia yang kini menjadi tempat wisata instagramable di berbagai daerah.

1. Telaga Biru Cisoka, Tangerang

Telaga Biru Cisoka
Sumber: Instagram @ helen_s.maria
Telaga Biru Cisoka yang terletak di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang ini merupakan bekas galian pasir yang sudah tidak beroperasi lagi. Lubang bekas galian pasir tersebut lama kelamaan terisi air hujan hingga membentuk telaga. Telaga yang juga dikenal dengan nama telaga biru Cigaru atau Danau Biru Cigaru ini dinamakan demikian karena warna airnya yang berwarna biru. Kondisi telaga yang memiliki pemandangan cantik ini kemudian menjadi salah satu alternatif wisata di Tangerang yang ramai dikunjungi. Selain foto-foto, di telaga ini juga tersedia perahu kecil yang bisa disewa untuk berkeliling danau seharga Rp 20.000, sedangkan untuk uang masuk ke Telaga Biru Cisoka adalah gratis, hanya membayar parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000.

2. Tebing Breksi, Yogyakarta

tebing-breksi
Sumber: Instagram @ hatmanda
Tebing Breksi yang berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini merupakan area penambangan batu kapur yang berasal dari endapan abu vulkanik letusan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di sini kamu bisa menemukan tebing kapur yang menjulang tinggi dan sangat instagramable! Tebing ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak dibuka untuk umum tahun 2015. Wisatawan yang datang kesini umumnya ingin berfoto dengan latar tebing batu kapur yang begitu cantik. Tiket masuk ke Tebing Breksi tidak dipatok berapa, tapi bisa dibayar seikhlasnya dan biaya parkir Rp 2.000.

3. Telaga Ngipik, Gresik

telaga-ngipik
Sumber: Instagram @ iwansusanto_69
Telaga Ngipik yang berada di kawasan Industri Gresik, Jawa Timur atau sekitar 1,5 km dari alun-alun Kota Gresik ini merupakan bekas tambang tanah dari perusahaan Semen Gresik. Lubang-lubang yang tercipta akibat galian pekerja yang mengambil tanah untuk campuran bahan dasar semen lama kelamaan terisi air hujan dan menjadi telaga yang kini menjadi salah satu wisata instagramable yang hits di Gresik. Telaga ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan rimbun di sekitarnya. Telaga Ngipik ini juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

4. Brown Canyon, Semarang

brown-canyon
Sumber: Instagram @ janganlupabahagiabm
Brown Canyon yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini merupakan area tambang untuk penggalian pasir, tanah dan batu padas. Area tambang ini masih aktif, jadi jangan heran jika datang siang hari kamu masih bisa melihat banyak truk dan alat berat yang sedang mengeruk bukit batu yang ada di kawasan tersebut. Akibat kegiatan penambangan, terciptalah bukit batu bekas galian yang sangat instagramable! Tak heran banyak orang yang kemudian datang ke Brown Canyon untuk berburu foto keren disini. Tiket masuk Brown Canyon adalah Rp 5.000 per orang. Meskipun hal ini menimbulkan perdebatan karena Brown Canyon pada dasarnya berupa area galian, bukan tempat wisata resmi.

5. Bukit Kapur Arosbaya, Madura

bukit-kapur-arosbaya
Sumber: Instagram @ kikikodps
Bukit kapur kece yang ada di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Madura ini dulunya merupakan area tambang batu kapur yang sudah tidak beroperasi lagi. Area bekas penambangan ini memiliki bebatuan bekas kerukan yang unik dan keren dijadikan background foto. Karena keindahannya sering dishare lewat sosial media terutama Instagram, banyak orang yang kemudian datang ke Arosbaya untuk berburu foto cantik di bekas area tambang ini.

6. Danau Kaolin, Belitung

danau-kaolin
Sumber: Instagram @ amel_agustina16
Danau Kaolin yang terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan Belitung ini merupakan bekas penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan kombinasi dari kaolin yang merupakan mineral membuat airnya menjadi warna biru cantik. Danau Kaolin kini menjadi salah satu destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi ketika berada di Belitung. Wisatawan yang datang kesini umumnya ingin berfoto dengan latar birunya Danau Kaolin dan dinding batu yang berwarna putih yang terlihat begitu cantik. Sebagai informasi, Kaolin merupakan sejenis mineral yang digunakan untuk bahan dasar berbagai produk, seperti kosmetik, pasta gigi, kertas, makanan dan lain sebagainya.

7. Bukit Puthuk Krebet, Tulungagung

bukit-puthuk-krebet
Sumber: Instagram @ eru.id
Bukit Phutuk Krebet yang terletak di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur ini merupakan area bekas tambang batu hijau (watu ijo) dan tembaga. Setelah tak lagi beroperasi, area tambang ini meninggalkan bukit dan tiga buah telaga warna yang memiliki warna berbeda-beda, yaitu hitam kecoklatan, hijau tosca dan hijau lumut. Air di telaga ini berasal dari air hujan yang kemudian tercampur dengan zat-zat yang terkandung dalam tanah dan bebatuan yang ada di sekitar bukit ini. Bukit ini menjadi salah satu tempat foto hits yang bisa dengan mudah kamu temukan di Instagram lho!

8. Bukit Jaddih, Madura

bukit-jaddih
Sumber: Instagram @ muhammad_afinil
Bukit Jaddih yang terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura ini merupakan area pertambangan batu kapur yang masih aktif. Sama seperti Brown Canyon, jika kamu datang di pagi hingga siang hari ke Bukit Jaddih kamu masih bisa menemukan alat berat dan angkutan yang mengangkut hasil penambangan batu kapur. Hasil penambangan ini bisa terlihat dari tebing batu yang menjulang tinggi dan sangat keren dijadikan background foto. Selain berfoto, di area Bukit Jaddih ini terdapat sebuah kolam yang oleh masyarakat setempat disebut Aeng Goweh Pote atau air gua putih. Air di kolam ini berasal dari mata air yang keluar dari bekas galian. Untuk menikmati pemandian ini kamu cukup bayar Rp 10.000 saja.

9. Lubang Tambang Mbah Soero, Sumatera Barat

lubang-tambang-mbah-soero
Sumber: Instagram @ dhitapriviana
Berbeda dari area bekas tambang lainnya, Lubang Tambang Mbah Suro yang terletak di Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat ini merupakan bekas tambang batu bara yang sudah ada sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda tahun 1898. Kini, lubang tambang yang sudah tidak aktif ini telah direnovasi dan memiliki panjang puluhan kilometer ini dibuka untuk umum. Selain belajar sejarah, lubang tambang ini juga asyik untuk dijadikan tempat foto-foto lho!

10. Bukit Jamur, Gresik

bukit-jamur
Sumber: Instagram @ khoirjavt
Bukit Jamur yang terletak di Dusun Dukun, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini merupakan bekas tambang batu yang ditutup pada 2008. Bekas galian tambang yang dibiarkan begitu saja kemudian membentuk vukit seperti jamur. Bentuk bukit yang menyerupai tundung jamur ini menjadi asal muasal penamaan bukit ini. Sedangkan bagian tangkainya terbentuk akibat kikisan angin dan hujan. Karena bentuknnya yang unik, banyak yang kemudian datang ke bukit ini dan berfoto.

Bagi kamu yang suka berburu foto di tempat-tempat cantik dan tak biasa, 10 area bekas tambang diatas bisa jadi salah satu tujuan wisata kamu selanjutnya lho! Jangan lupa beli tiket pesawat untuk liburan kamu di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat Rp 100.000 untuk kamu hanya dengan menggunakan kode promo PERGIEASY. Pergi yuk!

Diskon 100rb Disini