Setelah mengantongi tiket pesawat ke negara impian, belum berarti persiapan ke luar negeri sudah selesai lho! Kamu masih harus mengurus visa yang merupakan salah satu dokumen penting nan wajib untuk masuk ke suatu negara yang tidak memberlakukan fasilitas bebas visa untuk wisatawan asal Indonesia.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Namun pengurusan visa banyak membuat orang was was karena selalu ada kemungkinan ditolak, terutama untuk visa yang tergolong cukup sulit dan ketat seperti visa Schengen, Amerika, Inggris, Australia dan sebagainya.

Karena visa ditolak inilah banyak orang yang gagal liburan dan perlu diketahui jika biaya yang sudah terlanjur dibayar untuk pengurusan visa akan hangus jika visa ditolak. Nah, bagi kamu yang berencana mengurus visa, yuk ketahui dahulu 10 alasan mengapa visa ditolak agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama.

1. Alasan Kurang Kuat


Alasan yang paling sering dijumpai dari kasus penolakan visa adalah alasan kurang kuat untuk kembali ke tanah air setelah mengunjungi negara tersebut. Hal ini bisa diakibatkan karena kamu tidak menyertakan surat keterangan kerja yang menjadi bukti jika kamu memiliki ikatan dan akan kembali ke Indonesia setelah selesai liburan.

Oleh karena itu jika terdapat poin untuk menyertakan surat keterangan kerja, jangan sampai lupa atau lalai menyertakannya ya! Hal ini berguna sebagai pertimbangan apakah akan meluluskan atau malah menolak aplikasi visa kamu.

2. Tidak Teliti Mengisi Dokumen


Setiap pengajuan visa di negara manapun kamu sebagai pemohon diharuskan mengisi formulir. Umumnya formulir ini lebih dari 1 lembar. Nah, banyak pemohon visa yang kurang teliti dalam mengisi formulir pengajuan tersebut dan melewatkan satu atau beberapa kolom isian yang seharusnya semua diisi.

Baca Juga:  Harga Tiket Pesawat Menjelang Lebaran Mahal? Begini Cara Mengakalinya!

Selain itu pastikan data yang diisi ke formulir sama dengan dokumen yang disertakan agar tidak menimbulkan kecurigaan.

3. Dokumen Tidak Lengkap


Kelengkapan dokumen merupakan hal mutlak untuk mengajukan permohonan visa masuk. Jangan sampai melupakan satu dokumen pun yang disebutkan dalam persyaratan pembuatan visa di negara tertentu.

Perlu diperhatikan bahwa dokumen untuk pengajuan visa di tiap negara bisa berbeda-beda, jadi pastikan kamu double check berkas-berkas yang akan dilampirkan sebelum mendatangi kedutaan untuk buat visa agar tak ada yang tertinggal.

4. Tidak Menunjukkan Itinerary


Sebagian besar negara mengharuskan pemohon visa melengkapi berkasnya dengan itinerary perjalanan selama berada di negara tersebut. Terutama sekali untuk pengajuan visa Schengen karena dari itinerary akan ketahuan di kedutaan negara mana kamu harus mengajukan visa; apakah di negara tempat pertama mendarat atau di negara yang paling lama akan dikunjungi. Jika tidak bisa menyediakan itinerary ada kemungkinan visa ditolak.

5. Tidak Menyertakan Bukti Pemesanan Hotel

A post shared by Mahadi Surya (@sure_ya) on


Meski tidak semua negara mengharuskan untuk menyertakan bukti pemesanan hotel / penginapan, namun beberapa kedutaan terutama negara Eropa mewajibkan penyertaan bukti booking hotel dalam persyaratan pengajuan visa.

Jika kamu berencana menginap di rumah saudara, maka pastikan orang tersebut mengirimkan surat sponsor yang menjelaskan jika mereka yang akan menampung kamu selama periode liburan.

6. Rekening Tidak Mencukupi


Banyak mitos yang beredar jika ingin apply visa harus memiliki sekian juta di rekening agar bisa diapprove. Hal ini bisa benar, bisa juga tidak. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan visa ditolak, ada baiknya uang yang ada di rekening kamu mencukupi untuk membiayai kebutuhan liburan kamu.

Baca Juga:  3 Tips Aman Wisata Belanja di Bangkok

Masing-masing negara memiliki batasan mengenai berapa jumlah rekening yang dianggap ideal saat pengajuan visa. Pastikan jumlah uang di tabungan kamu cukup dan telah mengendap selama minimal 3 bulan sebelum pengajuan visa ya!

7. Kenaikan Saldo Tiba-Tiba


Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan mengenai rekening adalah lonjakan saldo yang tiba-tiba. Saldo besar di dalam rekening tidak menjadi patokan diapprovenya visa karena jika ada kenaikan saldo yang tiba-tiba bisa menimbulkan kecurigaan dari pihak kedutaan yang ujung-ujungnya bisa membuat visa ditolak.

Pastikan kondisi rekening kamu normal selama 3 bulan, bukan tiba-tiba ditransfer dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan minimal uang yang harus ada di rekening.

8. Asuransi Perjalanan


Umumnya untuk visa Eropa maupun Amerika, asuransi perjalanan menjadi salah satu dokumen penting untuk pengajuan visa. Tidak menyertakan bukti pembelian asuransi perjalanan atau besarnya asuransi yang dicover bisa menjadi salah satu alasan visa kamu ditolak. Namun untuk hal ini kamu harus mengetahui persyaratan dokumen yang dibutuhkan ya!

9. Pernah Melanggar Imigrasi


Jika kamu pernah melakukan pelanggaran imigrasi di negara manapun, maka ada kemungkinan besar pengajuan visa selanjutnya akan ditolak. Hal ini karena pelanggaran tersebut akan tercatat di database yang bisa diakses oleh imigrasi seluruh dunia.

Contoh pelanggaran yang dimaksud misalnya tinggal di suatu negara lebih lama dari waktu yang diizinkan, menggunakan visa untuk tujuan berbeda; misalnya visa wisata untuk bekerja. Jadi jangan sampai memiliki catatan imigrasi yang buruk ya!

Baca Juga:  8 Phone Hack Yang Harus Diketahui Traveler

10. Gagal di Interview


Beberapa kedutaan akan melakukan interview kepada pemohon yang bisa mempengaruhi penilaian apakah permohonan visa akan dikabulkan atau malah ditolak. Gagal menjawab hal-hal yang ditanyakan saat interview, misalnya tujuan ke negara tersebut, itinerary maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kunjungan akan membuat visa kamu tidak diterima.

Jadi pastikan kamu sudah membekali diri dengan pengetahuan mengenai negara tujuan sebelum menghadiri interview dari kedutaan ya!

Penolakan pemberian visa menjadi hak dan kekuasaan kedutaan besar sepenuhnya. Tidak ada alasan yang pasti mengapa permohonan visa bisa ditolak padahal sudah melengkapi semua dokumen persyaratan. Maka dari itu untuk meminimalisir kemungkinan ditolaknya visa, persiapkan dokumen dengan baik dan jangan lupa berdoa!

Bagi kamu yang tak ingin repot mengurus visa, bisa liburan dengan memanfaatkan opsi paket tour karena pembuatan visa akan dibantu oleh travel agent. Kemungkinan diapprove-nya visa pun semakin tinggi karena tujuan liburan kamu jelas dan dilakukan bersama travel agent terpercaya.

Di Pergi.com kamu bisa lho membeli paket tour di Asia hingga Eropa dengan harga terjangkau. Selain itu pengurusan visa juga akan dibantu sehingga kemungkinan ditolak sangat kecil. Tunggu apalagi, segera beli paket tour ke negara impian kamu di Pergi.com dan manfaatkan fasilitas cicilan 0% untuk semua produk. Pergi yuk!

Paket Tour Asia Hingga Eropa

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com